Rumah Adat Capit Gunung

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Monday, October 26, 2020

Rumah Adat Capit Gunung

Sasadu merupakan rumah adat suku bangsa Sahu di Halmahera Barat yang juga merupakan suku bangsa asli dan tertua yang ada di daerah tersebut. Capit gunting tersebut berada di atap rumah yang dihasilkan oleh persilangan kayu pada bagian puncak sisi ujung rumah.

Sundayana 2013

Rumah adat ini tentuny memiliki bentuk atap yang sama dengan gunting.

Rumah adat capit gunung. Imah capit gunting ini adalah rumah adat tertua yang ada di jawa barat. Rumah adat ini merupakan rumah tradisional suku Tengger yang bermukim di lereng gunung Bromo. Rumah Adat sunda Capit Gunung.

Karena persilangan tersebut nilai estetika rumah ini jadi bertambah cantik. Berikut penjelasan dan gambar dari rumah adat jawa barat. Rumah adat ini disebut dengan rumah Siwaluh Jabu karena di dalam rumah adat Karo memiliki delapan ruang dan ditempati oleh delapan keluarga atau Jabu yang berada dalam satu rumah.

TEMPOCO Jakarta - Ada yang baru dan unik di Taman Wisata Alam TWA Gunung Papandayan Kabupaten Garut Jawa Barat. Rumah adat Capit Gunting terdiri dari beberapa ruangan seperti ruang tengah teras kamar tidur dan dapur. Istilah joglo berasal dari dua kata tajug dan loro yang bermakna penggabungan dua tajug.

Bentuk atap tajug ini dipilih sebab menyerupai format gunung. Rumah adat tradisional khas Sunda ini memiliki 4 bagian utama. Secara keseluruhan rumah adat Capit Gunting berbentuk persegi yang memanjang ke belakang.

Ritual mendaki Gunung Mutis. Sebetulnya rumah adat jenis ini memiliki bentuk yang cukup sederhana akan tetapi sebuah persilangan tersebut nyatanya memberikan nilai estetika sehingga rumah tersebut bertambah cantik. Imah capit gunting ini memiliki arti gunting atau pisau dengan posisi menyilang.

TEMPOCO Jakarta - Ada yang baru dan unik di Taman Wisata Alam TWA Gunung Papandayan Kabupaten Garut Jawa Barat. Pembangunan Rumah Adat Lombok sangat memperhatikan tradisi nenek moyang. Bentuk rumah secara keseluruhan adalah persegi memanjang ke belakang.

Rumah adat Limbungan atau Bale Sasak Limbungan adalah rumah adat tradisional yang terdapat pada permukiman Suku Sasak di Dusun Limbungan Desa Perigi Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara BaratRumah adat ini dicirikan dengan penggunaan bahan-bahan yang bersumber dari alam. Bagian depan dan belakang berbentuk trapesium. Di sana kini ada cottage yang berbentuk seperti rumah dengan ciri khas tempat.

Sebutan lain untuk imah capit gunting ini adalah susuhunan. Dari sinilah nama joglo itu muncul. Selain itu terdapat juga ruangan untuk menyimpan beras yang biasa disebut dengan padaringan dan ruangan untuk menerima tamu atau tepas.

Jenis rumah ini sebenarnya rumah yang sederhana. Arti dari imah capit gunting adalah gunting atau pisau yang dalam posisi menyilang. Ruangan rumah capit gunting terdiri dai dapur kamar tidur ruang tengah dan teras.

Di sana kini ada cottage yang berbentuk seperti rumah dengan ciri khas tempat tinggal di hutan Papua. VIVA Rumah joglo ialah rumah tradisional Jawa yang umumnya dibuat dari kayu jati. Lalu ada juga sebutan lain untuk desain rumah ini yaitu undagi atau tata arsitektur.

Bentuk atap rumah adat Jawa Barat yang satu ini memang mirip perahu yang terbalik. Kita buat cottage untuk penginapan konsepnya rumah yang seperti di hutan Papua kata Ginting salah seorang pengelola wisata di TWA Gunung Papandayan Kecamatan Cisurupan. Imah capit gunting menjadi rumah adat tertua yang ada di Jawa Barat yang juga sering disebut dengan susuhunan undagi atau tata arsitektur.

Capit gunting tersebut berada di atap rumah yang dihasilkan oleh persilangan kayu pada bagian puncak sisi ujung rumah. Bangunan terbuat dari kayu dengan ciri khas atap bubungannya yang tinggi dan nampak terjal. Perahu Kemureb bermakna perahu yang terbalik.

Dalam bahasa sunda sendiri capit mempunyai. Di rumah ini masyarakat adat Sahu biasa berkumpul dalam pertemuan-pertemuan. Jadi meskipun hanya ada satu pintu pemilik rumah tetap merasa nyaman berada di dalam rumah.

Meskipun Rumah Adat Lombok hanya memiliki satu buah pintu tapi rumah adat ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Sedangkan dalam bahasa Sunda sendiri capit berarti menjepit atau mencapit sesuatu. Rumah adat Sunda yang satu ini mempunyai bentuk atap yang sangat mirip dengan gunting.

Sedang pada bagian ujung atap tersebut saling silang. Matheos Anin Ketua Adat Fatumnasi menunjukkan sebuah rumah adat beratap rumput ilalang yang biasa disebut rumah bulat. Nama Capit Gunung diambil dari karakteristik rumah ini yang memiliki desain seperti gunting.

Rumah adat berikutnya akan tampak seperti rumah sederhana yang ada pada umumnya adapun nama capit gunting diambil dari karakteristik rumah yang memiliki desain seperti Gunting. PIHAK pengelola Taman Wisata Alam TWA Gunung Papandayan di Kabupaten Garut Jawa Barat membangun rumah dengan ciri khas tempat tinggal di hutan Papua yang akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata alam itu. Di Halmahera Barat rumah ini lazim ditemui di setiap desaPenggunaan Sasadu sebagai lokasi pertemuan masyarakat biasanya terkait dengan diselenggarakannya berbagai acara.

Jalan menuju Gunung Mutis. Bagian ujung atap saling silang yaitu menyisakan hasil persilangan kayu di bagian atasnya. Sesuai dengan namanya rumah adat Jawa Barat ini memiliki atap yang berbentuk seperti capit gunting.

Rumah Adat Jawa Barat Capit Gunung. Desain rumah terbilang cukup sederhana. Namun terkadang ada juga rumah adat yang terdiri dari empat ruang maupun enam belas ruang.

Atap joglo berbentuk tajug semacam atap piramida yang mengacu pada format gunung. Seperti rumah adat Capit Gunting penamaan rumah adat Perahu Kemureb juga terinspirasi dari bentuk atapnya. Konstruksinya menggunakan kayu pada bagian tiang dinding dengan anyaman bambu dan alang-alang sebagai.

Rumah Adat Jawa Barat Kasepuhan merupakan keraton ataupun istana yang dibanguun oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1527. Kita buat cottage untuk penginapan konsepnya rumah yang seperti di hutan Papua kata Ginting salah seorang pengelola wisata di TWA Gunung Papandayan. Ciri khas lainnya adalah pada bagian muka rumah terdapat balai-balai yang berfungsi sebagai tempat duduk.

West Java Kingdom Inilah Beberapa Jenis Rumah Adat Sunda

Capit Gunting Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Nama Rumah Adat Sunda Beserta Gambar Dan Penjelasannya Travelling News

66 Koleksi Gambar Rumah Adat Capit Gunting Hd Gambar Rumah

Sundanese Traditional House Wikipedia

7 Rumah Adat Sunda Dan Ciri Khasnya Gambar Lengkap

Tipe Tipe Rumah Adat Suku Sunda Panduan Wisata Keliling Dunia

Rumah Adat Jawa Barat Beserta Penjelasan Lengkap Gambar

7 Rumah Adat Jawa Barat Nama Keunikan Penjelasan Dan Gambarnya

Rumah Adat 1080p 4k September 2010

Rumah Adat Jawa Barat Penjelasan Beserta Gambar Carak Us

7 Rumah Adat Paling Hits Di Indonesia Dari Aceh Sampai Papua

35 Rumah Adat Capit Gunung Terlengkap Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Http E Journal Uajy Ac Id 12859 4 Ta144043 Pdf

Di Provinsi Jawa Barat Ada Beberapa Sinergi Foundation Facebook

7 Rumah Adat Jawa Barat Hunian Tanah Pasundan

Wisata Edukasi Ada Di Rumah Adat Sunda Cimanggu Radar Cianjur

Design Arsitektur Rumah Adat Sunda Berdasarkan Atap Dan Filosofinya Rekreartive

Data Digital Bambu Indonesia