Rumah Adat Kaki Seribu

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Sunday, October 18, 2020

Rumah Adat Kaki Seribu

Rumah panggung ini memiliki tiang pondasi yang hanya ada di bagian tepi rumah saja namun berbeda dengan rumah panggung lainnya sebab bangunan ini memiliki tiang pondasi yang tersebar. Rumah Kaki Seribu rumah adat khas Suku Arfak di Papua Foto.

Start Your Day With Spirit It S A Good Day And A Good Start Location Laindeha Hills East Sumba Photo By Yukalatif S Liburan Indonesia Tropis

Rumah Adat Papua Honai.

Rumah adat kaki seribu. Dalam buku Rumah Adat Nusantara 2017 karya Intania Poerwaningtias rumah adat Baileo adalah rumah adat di Maluku. Tinggi panggung saat diukur dari dasar tanah sekitar 1-15 meter. Rumah adat Papua ini seperti rumah panggung dengan banyak tiang penyangga.

Rumah Pohon Suku Korowai. Karena tujuannya agar rumah tersebut mampu melindungi penghuninya dari serangan binatang buas cuaca dingin atau serangan suku lain yang memiliki permusuhan dengan mereka. Indonesia yang terdiri dari banyak pulau serta suku ini mempunyai banyak sekali ragam kebudayaan salah satunya adalah rumah adat.

Salah satu dari macam macam rumah adat Papua Barat selanjutnya adalah rumah adat kaki seribu yang juga disebut dengan mod aki atau igkojei. Sayangnya seiring berkembangnya zaman rumah kaki seribu kini tak lagi diminati sehingga jarang ditemui. Sedangkan pada bagian kolong yang cukup luas di bawah rumah kerap dipergunakan sebagai tempat beternak.

RUMAH adat khas suku Arfak Papua Barat bernama Mod Aki Aksa atau Igkojei yang lebih dikenal dengan sebutan Rumah Kaki Seribu kini dikembangkan menjadi destinasi desa wisata untuk rumah singgah bagi wisatawan yang berwisata di Kabupaten Pegunungan. Rumah adat tersebut dijuluki demikian karena menggunakan banyak tiang penyangga di bawahnya sehingga jika dilihat memiliki banyak kaki seperti hewan kaki seribu. Masyarakat yang masih setia menggunakan rumah ini adalah penduduk asli Arfak yang berada di wilayah tengah pegunungan Arfak.

15 Desain Rumah Adat Khas Provinsi Jawa Barat dan Keterangannya. Fakta di lapangan juga membuktikan bahwa eksistensi rumah Kaki Seribu atau Mod Aki Aksa ini kian menurun seiring dengan berjalannya waktu. Rumah ini memiliki banyak sekali tiang pondasi yang tersebar di seluruh bagian bawah rumah dan menjadi tumpuan utama bangunan.

Rumah Kaki Seribu adalah rumah adat asli dari penduduk Suku Arfak yang menetap di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Rumah Adat Kaki Seribu. Bukan merupakan hewan berkaki seribu melainkan struktur bangunan dan desain dari rumah adat inilah yang kemudian disebutnya menjad demikian.

Kenapa dinamakan Rumah Kaki Seribu karena menggunakan banyak tiang penyangga di bawahnya. Rumah Adat Papua Kaki Seribu Anda bisa melihat Rumah Adat Papua Kaki Seribu ini dengan beberapa dimensi baik kecil menegah besar hingga dimensi aslinya yaitu 800 x 600 px. Salah satunya adalah Rumah Kaki Seribu rumah adat khas Suku Arfak di Papua Barat.

Salah satu rumah tradisional yang banyak dijumpai di Papua Barat adalah rumah adat milik suku Arfak yang disebut dengan Mod Aki Aksa. Arsitekturnya kental dengan corak Manokwari. Tiang-tiangnya terdiri dari kayu bulat kecil berjumlah banyak.

Rupanya rumah adat Papua Barat disebut sebagai rumah Kaki Seribu. Tetapi seiring dengan perkembangan globalisasi keberadaan rumah adat kaki seribu sudah jarang ditemukan. Rumah Kaki Seribu Rumah Adat Suku Arfak Papua Barat Kegiatan masyarakat seperti musyawarah warga upacara adat atau kegiatan keagamaan.

Karena keunikannya inilah rumah adat tersebut mendapat julukan Rumah Kaki Seribu. Tiang itu jika dilihat memiliki banyak kaki layaknya hewan kaki seribu. Rumah adat kaki seribu ini sebenarya adalah bangunan berbentuk rumah panggung dengan berbagai desain menarik khas suku Arfak di Papua Barat.

Rumah Adat Kaki Seribu umumnya memiliki ukuran 8 x 6 meter. Kebetulan pada kesempatan ini yang akan dibahas secara mendalam adalah rumah adat khas. Rumah kaki seribu juga dikenal dengan sebutan mod aki aksa lgkojei.

Wikimedia Commons Papua memiliki banyak rumah adat yang unik dan menarik untuk ditelusuri. Saat mendengar rumah adat satu ini pasti yang terlintas di. Rumah adat ini berfungsi sebagai hunian dan tempat dilakukan pesta-pesta adat.

Bangunan tradisional rumah kaki seribu merupakan rumah adat khas Suku Arfak Papua yang mendiami wilayah Manokwari. Rumah adat ini bernama Mod Aki Aksa atau Igkojei masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Rumah Kaki Seribu. Home Search results for.

Rumah adat Papua yaitu Honai juga terdapat pada Papua Barat akan tetapi penduduk di Papua Barat lebih mengandalkan hasil laut dibandingkan bertani sehingga penduduknya mendirikan rumah adat mereka berupa rumah panggung yang identik sebagai kehidupan nelayan. Rumah adat ini bukan sebagai tempat tinggal melainkan untuk kegiatan masyarakat. Rumah Adat Kaki Seribu.

Namun menariknya suku tersebut memiliki rumah yang More The post Mod Aki Aksa Rumah Adat dari Suku Arfak Papua Barat yang Punya Seribu Kaki appeared first on CakapCakap. Rumah Adat Kaki Seribu. Rumah Adat Kaki Seribu.

Sayangnya banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan rumah ini. Rumah Ada Papua Filosofi dan Penjelasannya. Bangunan unik khas suku Arfak tersebut juga dikenal dengan nama Mod Aki Aksa atau Igkojei.

Suku tersebut bertempat di kaki pegunungan Arfak Papua lebih tepatnya di kabupaten Manokwari dan secara geografis berlokasi di Papua Barat. Rumah adat ini disebut juga Mod Aki Aksa Lgkojei yang artinya rumah kaki seribu. Mengapa rumah tersebut tidak memiliki jendela.

Rumah adat kaki seribu jadi destinasi desa wisata PAPAU BARAT testtestbisniswisatacoid. Sagu Bentuk Ketahanan Pangan Dan Kearifan. Gambar rumah adat kaki seribu.

Sama seperti rumah adat pada umumnya rumah Kaki Seribu juga dihuni oleh beberapa keluarga. Rumah kaki seribu adalah bangunan tradisional suku-suku yang tinggal di pegunungan arfak yaitu hatam moille meyakh dan sough.

Kebun Raya Bedugul Tempat Belajar Dan Berselfie Bersama Flora Flora Begonia Tempat

Uniknya Rumah Kaki Seribu Khas Pegunungan Arfak Lihat Yuk Rumah Arsitektur Kaki Seribu

Paling Populer 25 Gambar Rumah Adat Papua Yuk Ketahui 4 Rumah Adat Papua Filosofi Fungsi Dan Bentuk Rumah Kaki Seribu Pesona Kekayaan Ku Hanoi Modern Gambar

Miniatur Rumah Adat Jawa Dari Kardus Miniatur Rumah Adat Jawa Timur Dari Kardus Miniatur Rumah Rumah Rumah Kardus

Pin Di Maket Rumah Bisnis Maket Rumah

Maket Rumah Unik Maket Rumah Kebaya Dari Kardus Maket Rumah Betawi Dari Kardus Rumah Kardus Miniatur Rumah Rumah

Desain 8 Rumah Lucu Yang Dibuat Dari Gambar Anak Kecil Harganya Sampai Rp 637 Miliar Desain Lucu Gambar

Maket Tata Ruang Rumah Maket Rumah Styrofoam Maket Rumah Tinggal Rumah Miniatur Rumah Rumah Minimalis

Pin Oleh Frengki Hi Di Modaki Aksa Rumah Adat Suku Arfak

Maket Rumah Pojok Proposal Maket Rumah Maket Plan Rumah Minimalis Miniatur Rumah Miniatur Rumah Boneka Rumah

Maket Pagar Rumah Minimalis Maket Pionering Rumah Maket Rumah Ramah Lingkungan Miniatur Rumah Rumah Flanel Rumah

Berbagai Macam Bangunan Boleh Saja Unik Tetapi Rumah Honai Di Papua Masih Memiliki Ciri Khas Tersendiri Rumah Ini Memiliki Atap Mirip Jam Atap Bangunan Orang

Panduan Tips Pergi Ke Slipi Slipi Adalah Sebuah Kelurahan Di Kecamatan Palmerah Jakarta Barat Kelurahan Slipi Memiliki Jumlah Bepergian Tanah Central Park

Pin Di Wisata Papua

Maket Rumah Tingkat Maket Rumah Tipe 45 Maket Rumah Tipe 36 Rumah Kardus Rumah Kertas Miniatur Rumah

Dituduh Menyalin Desain Bandara Doha Qatar Begini Jawaban Jewel Changi Airport Singapura Doha Singapura Qatar

Pin Oleh Binsalam Di Arsitektur Arsitektur

Rumah Adat Papua Barat Rumah Kaki Seribu Kaki Seribu Rumah Kaki

Maket Rumah Bisnis Maket Rumah Maket Rumah Dari Stik Es Miniatur Rumah Rumah Rumah Kardus