Rumah Adat Makasar

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Friday, October 30, 2020

Rumah Adat Makasar

Rumah adat Makassar punya arsitekturnya sendiri yang tentu saja dibumbui filosofinya sendiri. Rumah Adat ini bentuknya berupa rumah panggung yang memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter yang disangga oleh tiang-tiang yang.

Bukantrik Com Arsitektur Home Fashion Rumah

Rumah adat ini di tinggali oleh suku yang berasal dari Makassar.

Rumah adat makasar. Rumah adat Bugis Makassar biasanya memiliki kolong-kolong sehingga dikenal dengan nama Rumah Panggung. Cek Tunjangan 2020 Melalui Aplikasi SIM PKB. Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja dinamakan.

Tiap daerah punya rumah adat khas begitu pula dengan suku Makassar. Tiap Rumah adat tentu memiliki Nama atau julukan untuk mempermudah membedakan satu sama lain seperti yang dibahas diatas bahwa Indonesia memiliki beragam suku. Rumah adat suku Bugis Makassar dapat di bedakan berdasarkan status sosial orang yang menempatinya Rumah Saoraja Sallasa berarti rumah besar yang di tempati oleh keturunan raja kaum bangsawan.

Rumah Adat Suku Makassar. Berikut ini adalah penjelasannya. Save my name email and website in this browser for the next time I comment.

Namun keunikan rumah adat Sulawesi Selatan ini memiliki tiga bagian yang masing masing bagiannya juga mempunyai nilai filosofis tersendiri dan akan kami jelaskan satu per satu di bawah ini. Sebuah tarian yang dilakukan oleh masyarakat Bugis Makassar memiliki makna tersendiri. Rumah tradisional Bugis-Makassar merupakan prototipe rumah Asia Tenggara yaitu rumah panggung dari kayu yang atapnya berlereng dua dan kerangkanya berbentuk huruf H.

Home Rumah Adat Rumah Adat Indonesia Rumah Adat Bugis. Tinggi rumah adat Suku Makassar atau Balla ini biasanya sekitar tiga meter di atas tanah. Rumah Adat Sulawesi Selatan Makassar adalah ibukota Sulawesi Selatan salah satu provinsi yang telah dihuni manusia sejak puluhan ribu tahun silam.

Maros traditional house is the palace of the Kingdom of Marusu as well as the residence of Karaeng Marusu and their families is part of the history of the formation of Maros Regency. Rumah suku Makassar berbentuk seperti panggung yang biasanya memiliki tinggin 3 meter dari tanah. Maka dalam bahasa Makassar Rumah Adat diatas disebut dengan sebutan Balla Red.

Selamat Datang di Sulawesi Selatan. Mengenal Rumah Adat Suku Makassar Cerita tentang Balla atau rumah adat suku Makassar Dibaca. Ciri-ciri dari rumah ini adalah bangunannya memiliki ketinggian 3 meter maka disebut sebagai rumah panggung.

Selain itu kalau kita melihat atapnya maka bentuknya seperti ember yang miring ke depan. Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK 20202021. Tetapi bisa kita bedakan saat kita melihat pada bagian teras lego yang lebih luas.

Atap balla berbentuk menyerupai pelana dengan sudut runcing ke arah bawah. Desain rumah adat ini terlihat serupa dengan rumah adat suku Makassar yakni berbentuk panggung. Nah pasti kamu sudah tidak asing bukan dengan provinsi yang beribu kota di Makassar ini.

Rumah adat Suku Mandar mempunyai bentuk yang persis dengan rumah adat Makassar dan Bugis. Warisan arsitektur Bugis Makassar tipologi rumah kembar upacara adat ABSTRACT. Post Comment Cancel reply.

Puncak atap rumah Balla sebagai tanda derajat kebangsawanan disebut Timbaksela. Masyarakat Makassar menyebutnya dengan Balla. Notify me of new posts by email.

Rumah dalam bahasa Makassar disebut Balla berbentuk rumah panggung dengan kayu sebagai penyangganya. Atap Balla berbentuk menyerupai pelana dengan sudut runcing ke arah bawah. Rumah adat Suku Mandar mempunyai bentuk yang sama dengan rumah adat Bugis dan Makassar.

7 Rumah Adat Bugis Makassar NAMA PENJELASAN GAMBAR 12 Desember 2020 Oleh Joanda Kevin. Tidak hanya itu bentuk atap dari rumah adat dari Suku Mandar ini memiliki bentuk mirip seperti ember yang condong ke depan. Rumah adat suku makassar yang mana masyarakat makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan balla.

Name Email Website. Rumah adat Suku Makassar yang mana Masyarakat Makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan Balla. Bentuknya persegi empat dengan tiang penyangga yang arahnya kebelakang.

Perbedaannya hanya terletak pada teras yang lebih besar dibandingkan teras di rumah adat lainnya. Rumah adat tersebut diantaranya yaitu rumah adat Suku Makassar rumah adat Suku Bugis rumah adat Suku Luwuk dan rumah adat Suku Mandar. Rumah adat sulawesi selatan sulawesi selatan yang merupakan ibu kota makassar.

Rumah ini disangga dengan kayu yang jumlahnya 5 penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga ke arah samping. Rumah ini berupa rumah panggung yang tingginya 3 meter dari tanah. Tapi bisa kita lihat perbedaannya yang ada pada bagian teras lego yang lebih besar.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan di beberapa gua di dekat bukit kapur di sekitar Maros letaknya 30 km di sebelah timur laut Makassar. Bentuk rumahnya pun sama yaitu berupa rumah panggung. Rumah tradisional suku Makassar karena memiliki kemiripan morfologis dengan rumah tradisional suku Bugis seringkali disatukan dibawah istilah rumah tradisional Bugis-Makassar.

Mengenal rumah adat suku makassar cerita tentang balla atau rumah adat suku makassar dibaca. Dimana setiap rumah adat yang ada di provinsi Sulawesi Selatan tersebut memiliki masing-masing nilai kehidupan filosofi keunikan kegunaan dan bentuk yang berbeda-beda. Rumah adat Sulawesi Selatan yang terakhir berasal dari suku Mandar.

Rumah ini bisa berdiri tampa mengunakan satu paku pun orang daluhu kala mengantikan Fungsi Paku Besi menjadi Paku Kayu. Dan ada juga tiang penyangga yang mengarah ke samping sejumlah 5 tiang. Para penari tradisional Bugis Makassar memakai baju bodo tope sarung yang berbagai macam curak corak dan warnanya.

Karakteristik keunikan rumah adat Balla yang lain ada pada atapnya. Rumah adat ini memiliki bentuk yang mirip dengan rumah adat Bugis dan Makassar. Rumah ini disangga dengan 5 kayu penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga lainnya ke arah samping.

Rumah adat ini beda dengan rumah pada suku lainnya. Rumah Adat Suku Toraja. Kawasan ini diperkirakan telah dihuni manusia sejak 30000 tahun yang lalu.

Rumah Adat Suku Makasar.

Rumah Bugis Sulawesi Selatan Arsitektur Rumah Desain

Rumah Adat Kalimantan Tengah Home Fashion Desain Rumah Arsitektur

Mengenal Lebih Dekat Khas Rumah Adat Bugis Arsitektur Rumah Interior

Miniatur Rumah Adat Makassar Desain Desain Rumah Rumah

Desain Rumah Adat Suku Bugis Desain Rumah Desain Arsitektur Arsitektur

Rumah Adat Atakkae Kabupaten Wajo Photo By Tikuspejalan Repost Ayokesulsel Visitindonesia Exploreindonesia Discoverindonesia Wonderfulindonesia In Rumah

Desain Rumah Adat Khas Makassar Arsitektur Arsitek Rumah

Pin Di Rumah Adat

Rumah Adat Wajo Bola Seratue Visit Sulsel Insta Sengkang Wisata Jjs Wajo Jjs Jjs Wajo Rumah Rumah Adat Like4like House Styles House Design House

Rumah Adat Kota Palembang Sumatera Selatan Desain Indonesia Kota Palembang

Rumah Bolaang Mongondow Rumah Adat Sulawesi Utara Arsitektur Vernakular Rumah Desain Rumah

Rumah Adat Nusantara Blog Sauted Arsitektur Vernakular Rumah Arsitektur

Rumah Adat Makassar Sulawesi Selatan Rumah Rumah Minimalis Makassar

Rumah Adat Suku Bugis Rumah Arsitektur Home Fashion

Photo Of Rumah Bugis Baru Arsitektur Rumah Desain Interior

Bugis Makassar Indonesia Arsitektur Makassar Rumah

Pin Di Beautiful Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Makassar Arsitektur Vernakular Rumah Desain Rumah

Pin Oleh Man Di Ghfgjghjkghjk Arsitektur Rumah Indonesia