Ciri Khas Rumah Adat Lampung

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Saturday, November 7, 2020

Ciri Khas Rumah Adat Lampung

Masih banyak sih keunikan kota Lampung yang belum sempat dibahas. Wah ternyata itu yang menjadi ciri khas dan yang membedakan Provinsi Lampung dari Provinsi Lainnya.

Kenalan Dengan Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Thai House Rumah Desain Rumah

Pernikahan adat merupakan ciri khas dan kekayaan budaya masyarakat Indonesia yang unik sekaligus berharga.

Ciri khas rumah adat lampung. Rumah adattradisi Lampung atau yang bernama Nuwou Sesat adalah bukti eksistensi suku asli Lampung di masa kelam. Salah satu jenis kebudayaan yang cukup memiliki keunikan adalah. Nuwo artinya rumah sedangkan sesat berarti adat.

Secara harfiah Nuwo Sesat terdiri dari dua kata yakni nuwo yang berarti rumah dan sesat yang berarti adat. Nuwo Sesat memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan adat bagi para penyeimbang adat untuk musyawarah. Kekompakkan dari bangunan itu adalah dimana pada bagian atas depan bangunan diberi tempelan berbentuk seperti gapura yang menjadi ciri khas kota Lampung.

Ciri Khas Rumah Adat Lampung dengan Bentuk Rumah Panggung. Sebab rumah adat ini merupakan ciri khas bagi orang Lampung sesuai karakteristik dan geografis provinsi Lampung. Konon rumah Lamban Pesagi mempunyai arsitektur yang tahan gempa.

Rumah Adat Lampung Beserta Gambar dan Penjelasannya. Rumah adat Lampung memiliki nama Nuwo Sesat. Rumah adat juga salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas sukumasyarakat.

Salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan adalah rumah adat Lampung. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Rumah Adat Maluku meliputi Nama Gambar Ciri dan Penjelasan di bawah ini. Lampung memiliki 2 kota besar yaitu Bandar Lampung dan Metro serta 13 kabupaten.

Ciri Khas Rumah Adat Lampung Nowou Sesat. Lawang Kuri yaitu gapura. Sama seperti rumah adat lainnya rumah adat Lampung Nuwow Sesat juga memiliki beberapa ciri khas yang unik.

Perbedaan tersebut membuat setiap daerah memiliki hal unik yang menarik. Masyarakat Pepadun menganut susunan kekerabatan patrilineal yaitu mengikuti garis keturunan ayah. Jika diartikan Nuwo Sesat memiliki makna rumah adat dalam bahasa Lampung.

Masyarakat Lampung termasuk kelompok masyarakat yang masih memegang teguh tradisi pernikahan adat Lampung. Mengutip dari academiaedu rumah Nuwo Balak merupakan rumah tinggal dari kepala adat penyeimbang adat yang dalam bahasa Lampung bernama Balai Keratun. Kondisi geografis di wilayah Lampung sangat bervariasi meliputi wilayah pesisir yang berbukit di sebelah barat dan selatan dataran rendah di bagian tengah dan wilayah.

Bagian-bagian rumah adat Nuwo Balak. Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus digunakan untuk tempat hunia oleh suatu suku bangsa tertentu. Hal lain yang khas di rumah adat ini adalah hiasan payung-payung besar berwarna putih kuning dan merah pada bagian atapnya payung-payung tersebut merupakan lambang dari tingkat tetua adat bagi masyarakat tradisional Lampung.

Seiring berjalannya waktu kebutuhan rumah adat lampung kini bergeser dari fungsinya sebagai tempat tinggal menjadi identitas dan salah satu destinasi pariwisata di provinsi Lampung. Perhiasan dan ukiran yang ada di dinding bukan hanya pajangan semata melainkan banyak terkandung makna yang bersumber dari para leluhur nenek moyang terdahulu. Lamban pesagi yaitu kata lamban yang berarti rumah dan pesagi berarti persegi karena dengan berbentuk persegi.

Ya rumah adat Nowou Sesat yang berasal dari sini. Rumah tradisional adat Lampung yaitu Nuwo Sesat memiliki ciri khas seperti berbentuk panggung atap terbuat dari anyaman ilalang terbuat dari kayu. Berikut ini Kania akan mengajak kamu untuk mengenal ciri khas yang melekat pada rumah adat Lampung yang satu ini.

Sebuah provinsi yang berada paling selatan di Pulau Sumatera Lampung namanya. Koran pertama di Lampung adalah Harian Tamtama 4 Oktober 1968. Ciri Khas Rumah Adat Lampung Nowou Sesat.

Rumah Adat Lampung Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak budaya daerah yang berbeda. Pada tahun 1994 silam pernah terjadi gempa di Lampung Barat. Pada awal dekade 1970-an terbit koran lokal Lampung Pusiban Indevenden dan Post Ekonomi.

Rumah Adat Maluku Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kebudayaan dan sangat beragamDari Sabang sampai Meroke sangat banyak kebudayan dan memiliki rumah adat dari masing masing daerah. Misalnya saja tarian hingga pakaian adat. Adapun keunikan dan ciri khas yang ada di rumah adat Lampung ini terletak di bagian dinding rumah.

Ciri Khas Suku Lampung Masyarakat adat Lampung Pepadun dan Lampung Saibatin masing-masing memiliki ciri khas dalam susunan masyarakat dan tradisi yang dijalani dalam masyarakat secara turun temurun. Rumah Adat Lampung Lampung adalah pintu gerbang ke Sumtera dari Pulau Jawa karena provinsi ini berada di paling selatan Pulau Sumatera. Admin 11 bulan ago 0 5 min read 370.

Yaitu terdapat ukiran dan berbagai macam hiasan dinding. Tidak hanya prosesi tata cara pelaksanaan aturan serta persyaratan pernikahan adat Lampung tergolong rumit. Di antara budaya Lampung tersebut yang masih tetap lestari misalnya budaya arsitektur yang dapat dijumpai pada bangunan rumah adattradisinya sendiri.

Pada sisi depan rumah adat ini terdapat ukiran ornamen bermotif perahu yang menjadi ciri khas. Sebagai bagian dari kebudayaan Sumatera pastinya Lampung memiliki ciri khas dan keunikan dari segi budaya. Ciri Khas dan Keunikan.

Rumah Adat Lampung Lampung merupakan salah satu provinsi di wilayah Indonesia yang tidak hanya mempunyai rumah tradisional tetapi ada beberapa jenis rumah yang tersebar di seluruh wilayahnya. Provinsi ini memiliki beragam seni dan budaya termasuk rumah adat. Maret 20 2020 5 Comment.

Rumah Adat Lampung Lampung yang menjadi bagian dari pulau Sumatra memiliki adat yang juga cukup beragam yang tidak berbeda jauh dengan adat yang dimiliki oleh daerah lain yang ada di Indonesia termasuk dengan rumah adat yang dimilikinya. Keunikan rumah tradisional Lampung bersandar pada panggung dan terbagi menjadi beberapa ruangan yang mempunyai fungsi berbeda. Nilai-nilai dan warisan budaya leluhur sangat kental pada semua kebudayaan.

Rumah adat dari Lampung Barat mempunya nama yang cukup unik. Ada beberapa keunikan sendiri yang bisa kita temukan dari rumah adattradisi yang pupuler ini.

Hasil Gambar Untuk Gambar Rumah Adat Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

Pin Oleh Sutiono Sutiono Di Ya Pakaian Tari Tarian Kerja Kelompok

Ciri Khas Pengantin Perempuan Sunda Jawa Barat Adalah Pemakaian Mahkota Siger Warna Siger Umumnya Disesuai Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita Pose Perkawinan

Rumah Adat Lampung Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis Rumah Minimalis Bagus Rumah Adat K Di 2020 Rumah Arsitektur Rumah Minimalis

Info Terbaru Gambar Rumah Adat Pakaian Adat Nama Daerah Gambarrumahadatpakaianadatdannama Di 2020 Gambar Pakaian Ide

Sewa Baju Adat Batak Karo Anak Dan Dewasa Baju Adat Batak Toba Baju Adat Batak Simalungun Baju Adat Batak Pakpak Sumatera Utara Wanita Anak Laki Pengantin

Traditional House From Lampung Traditional Architecture Traditional House Traditional Building

Province Lampung Traditional House Nuwo Sesat House Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Tari Sembah Sigeh Penguten Atau Tari Penyambut Tamu Pada Pernikahan Adat Lampung Sumatra Ciri Khas Terletak Pada Kuku Panjang Penari Penari Pernikahan

Pin Oleh Yuen Phuket Di Rumah Adat Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagubahasa Sukujulukan Di Indonesia Pakaian Tari Tarian Kartun

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Pakaian Tari Model Pakaian Asia

34 Nama Rumah Adat Pakaian Tarian Adat Dan Senjata Tradisional Di Provinsi Indonesia Lengkap Pelajaran Sekolah Online Di 2020 Pakaian Tari Gambar Upacara Perkawinan

Rumah Adat Indonesia Banten Carak Us Rumah Home Fashion Rumah Kayu

Paling Bagus 24 Gambar Rumah Adat Joglo Gambar Rumah Adat Jawa Tengah Atau Yang Disebut Dengan Joglo Ini Pun Memilik Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

Pin On Kumpulan Gambar Hd

Rumah Adat Lampung Rumah Pelampung

Pin Van Jey C Op Indonesia Architecture Molukken Indonesie Dorp

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi