Nama Rumah Adat Makassar

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Friday, November 20, 2020

Nama Rumah Adat Makassar

182018 Tiap Rumah adat tentu memiliki Nama atau julukan untuk mempermudah membedakan satu sama lain seperti yang dibahas diatas bahwa Indonesia memiliki beragam suku. Salah satu dari nama nama rumah adat Sulawesi Selatan berikutnya adalah rumah adat suku Bugis.

Jual Tiket Pesawat Rumah Adat Betang Home Fashion Rumah Desain Rumah

Sebagai orang Makassar saya akan cerita sedikit tentang rumah tradisional khas orang suku Makassar.

Nama rumah adat makassar. Pada kesempatan kali ini pengajarcoid ingin membagikan artikel tentang Rumah Adat Sulawesi Selatan berikut ulasannya. Rumah Adat Suku Luwu. Rumah suku Makassar berbentuk seperti panggung yang biasanya memiliki tinggin 3 meter dari tanah.

Selain itu kalau kita melihat atapnya maka bentuknya seperti ember yang miring ke depan. Berikut 3 bagian rumah adat Bugis dan nilai filosofinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan di beberapa gua di dekat bukit kapur di sekitar Maros letaknya 30 km di sebelah.

Rumah Adat Suku Makassar. Sesuai dengan namanya rumah ini pun dikenal dengan sebutan rumah adat Bugis. Rumah adat suku makassar.

Itu sebenarnya bukan nama rumah adatnya tapi bahasa daerah untuk rumah. Rumah adat suku mandar mempunyai bentuk yang sama dengan rumah adat bugis dan makassar. Balla Lampoa sendiri bisa diartikan sebagai rumah kebesaran yang dihuni oleh raja.

Suku makasar menyebutnya sebagai Balla. 9142020 Nama rumah adat makassar adalah balla dengan bentuk seperti panggung. Dari bentuknya rumah adat suku Makassar ini seperti rumah panggung yang tingginya bisa mencapai 3 meter dari permukaan tanah.

Rumah adat sulawesi selatan yang ditinggali oleh suku bugis sehingga sampai saat ini dikenal dengan nama rumah adat bugis. Misalnya bagian kepala Kerbau beserta tanduknya ditempel di depan Rumah. Rumah adat yang satu ini memiliki panggung yang cukup tinggi yakni sekita 3 meter dengan peyangga bagian belakang dan samping masing-masing berjumlah 5.

Rumah adat ni dibangun dengan menggunakan 88 tiang kayu. Rumah ini disangga dengan 5 kayu penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga lainnya ke arah samping. Rumah adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan memiliki beberapa ornamen hiasan yang dibagi ke dalam beberapa macam ornamen berikut diantaranya.

2122021 Rumah Adat Sulawesi Selatan Makassar adalah ibukota Sulawesi Selatan salah satu provinsi yang telah dihuni manusia sejak puluhan ribu tahun silam. Perilaku masyarakat disana yang masih menggunakan rumah adat sebagai hunian mereka dapat dicontoh sebagai upaya pelestarian budaya asli Indonesia agar tidak hilang. 6142020 Rumah adat Suku Makassar yang mana Masyarakat Makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan Balla.

Kerbau sebagai binatang yang sering disembelih dalam upacara-upacara adat masyarakat Toraja bagian badannya juga dipergunakan untuk ornamen. Hal ini tidak terlepas dari sejarah serta adanya keragaman suku bangsa yang tinggal di daerah tersebut. Oleh Pak Alex Diposting pada Januari 17 2021.

Kata bugis sendiri dari kata to ugi yang mempunyai arti orang bugis. Sejarah rumah adat suku luwu berasal dari rumah raja luwu. Rumah Adat ini bentuknya berupa rumah panggung yang memiliki ketinggian kurang lebih 3.

Maka dalam bahasa Makassar Rumah Adat diatas disebut dengan sebutan Balla Red. Rumah Adat Sulawesi Selatan. Misalnya suku Makassar menyebut rumah dengan balla dan orang Bugis menyebutnya Bola.

Kawasan ini diperkirakan telah dihuni manusia sejak 30000 tahun yang lalu. Desain rumah adat ini terlihat serupa dengan rumah adat suku Makassar yakni berbentuk panggung. Konstruksi bangunan ini berupa rumah panggung dan berasal dari material kayu.

Berbentuk persegi empat dimana jendela dan pintunya berukuran sama. Timbaksela yang berada di puncak atap ini mengandung makna tersendiri bagi masyarakat Makassar yaitu menandakan derajat kekayaan atau kebangsawanan mereka. Desain rumah adat ini terlihat serupa dengan rumah adat suku makassar yakni berbentuk panggung.

Keunikan dari rumah adat Suku Makassar ini yaitu pada bagian puncak atap yang berbatasan dengan dinding rumah berbentuk segitiga yang dinamakan dengan timbaksela. Rumah adat makassar balla mario. Menariknya rumah adat bugis ini memiliki 3 bagian dimana setiap bagian memiliki nilai filosofis tersendiri.

Rumah adat bugis ini memiliki Ornamen sebagai simbol status si pemilik rumah sama seperti rumah adat suku makassar. Rumah adat suku mandar. Namun keunikan rumah adat Sulawesi Selatan ini memiliki tiga bagian yang masing masing bagiannya juga mempunyai nilai filosofis tersendiri dan akan kami jelaskan satu per satu.

Untuk pembagian ruang orang Makassar mengenal beberapa pembagian ruang yaitu. Dimana setiap rumah adat yang ada di provinsi Sulawesi Selatan tersebut memiliki masing-masing nilai kehidupan filosofi keunikan kegunaan dan bentuk yang berbeda-beda. 11102019 Rumah adat Suku Makassar masyarakat Makassar menyebut rumah adat ini dengan nama Balla.

Nah ternyata banyak juga rumah adat Sulawesi Selatan buka hanya rumah adat Toraja yang terkenal. Rumah Adat Sulawesi Selatan 1. Rumah adat tersebut diantaranya yaitu rumah adat Suku Makassar rumah adat Suku Bugis rumah adat Suku Luwuk dan rumah adat Suku Mandar.

Nama rumah adat Sulawesi Selatan yang selanjutnya yaitu rumah adat Makassar. Berbentuk seperti rumah panggung rumah adat Makassar atau Balla biasanya menggunakan atap daun rumbia nipah ijuk alang-alang ataupun bambu. Tapi bisa kita lihat perbedaannya yang ada pada bagian teras lego yang lebih besar.

Memiliki pusat pemerintahan di Makassar ternyata provinsi Sulawesi Selatan memiliki keragaman rumah adat yang tersebar di penjuru wilayah. Rumah Adat Suku Makassar Rumah adat Suku Makassar berbeda dengan. Rumah ini disangga menggunakan kayu yakni lima kayu penyangga ke arah belakang dan lima kayu penyangga ke arah samping.

Jika dilihat desain bangunan mirip dengan rumah adat suku Makassar yang berbentuk panggung. Rumah Adat Sulawesi Selatan Kota Makassar memang mempunyai banyak sekali sejarah yang cukup panjang dalam sebuah perjalanan bangsa IndonesiaContohnya saja dengan adanya suku bangsa seperti mandar dan juga Bone lalu ada suku pattinjo suku duri dan masih banyak lagi suku-suku yang lainnya.

Rumah Bolaang Mongondow Rumah Adat Sulawesi Utara Arsitektur Vernakular Rumah Desain Rumah

34 Rumah Adat Provinsi Di Indonesia Lengkap Themoondoggies Rumah Home Fashion Arsitektur

Rumah Bolaang Mongondow Rumah Adat Sulawesi Utara Indonesia Rumah Arsitektur Indonesia

Rumah Adat Wajo Bola Seratue Visit Sulsel Insta Sengkang Wisata Jjs Wajo Jjs Jjs Wajo Rumah Rumah Adat Like4like House Styles House Design House

24 Nama Nama Rumah Adat Di Seluruh Indonesia Ruana Sagita Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

Mengenal Lebih Dekat Khas Rumah Adat Bugis Arsitektur Rumah Interior

Rumah Adat Suku Gayo Aceh Indonesia Arsitektur Indonesia Rumah

Pin Di Screenshots

Halaman 4 Rumah Adat Aceh Beautiful Indonesia Umm Indonesia Rumah Tempat

Kliping Rumah Adat Pakaian Adat Tarian Adat Dan Makanan Khas Indonesia Tarian Rumah Indonesia

Rumah Adat Bolon Desain Produk Rumah Ide Dekorasi Rumah

Desain Rumah Adat Bugis Desain Rumah Desain Produk Desain Arsitektur

34 Rumah Adat Provinsi Di Indonesia Lengkap Arsitektur Vernakular Home Fashion Arsitektur

Sumatera Gambar Rumah Adat Balai Batak Toba Arsitektur Rumah Desain

Bukantrik Com Arsitektur Rumah Indonesia

Traditional Architecture Of Indonesia The Fact Of Indonesia Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

24 Gambar Kartun Rumah Adat Sulawesi Selatan 40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam Download Rumah Adat Docx Docum Arsitektur Gambar Gambar Kartun

Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambar Penjelasannya Rumah Rumah Bangsawan Langit Langit

Rumah Adat Nusantara Blog Sauted Arsitektur Vernakular Rumah Indonesia