Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan Adalah

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Friday, November 20, 2020

Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan Adalah

Tongkonan juga disebut-sebut mirip dengan rumah adat asal Sumatera Barat yaitu Rumah Gadang. Sesuai dengan namanya rumah ini pun dikenal dengan sebutan rumah adat Bugis.

34 Nama Pakaian Adat Tarian Adat Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia Dtechnoindo Tarian Pakaian Penari

Desain rumahnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumah Adat Makassar yang mana pada bentuknya menyerupai Rumah Panggung.

Nama rumah adat sulawesi selatan adalah. Nama rumah adat Sulawesi Selatan dari suku Toraja ini disebut dengan Tongkonan. Jenis-Jenis Rumah adat Sulawesi Selatan. 942019 Lebih detail mengenal jenis rumah adat Sulawesi Selatan terdapat empat jenis rumah adat dari empat suku terbesarnya.

Bagian samping rumah dilengkapi dengan pegangan atau disebut coccorang. Rumah adat Sulawesi Selatan yang terakhir adalah rumah adat dari suku Luwuk. Nama Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasan tentang beberapa rumah adat yang ada di Sulawesi Selatan. Rumah adat Sulawesi Selatan selanjutnya adalah rumah adat Luwuk yang saat ini sudah punah dan tidak ada lagi. Tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu dengan ukiran warna merah hitam serta kuning.

Beberapa diantaranya yaitu rumah adat Makassar rumah adat Luwuk rumah adat Bugis dan rumah adat Mandar. Rumah adat ini memiliki bentuk unik menyerupai perahu dari kerajaan Cina pada zaman dahulu. Keunikan yang ada pada rumah adat Sulawesi Selatan yang satu ini adalah bentuk atap seperti pelana kuda dengan ujung yang runcing.

Keunikan Rumah Adat Suku Makassar Sumber. Berdasarkan fungsinya rumah adat dari Suku Bugis wajib memiliki tiga unsur penting yang memiliki makna filosofi tersendiri yaitu. Kata tongkonan diambil dari bahasa Toraja yaitu tongkon yang berarti duduk dan ongan yang berarti bernaung.

Rumah ini adalah rumah panggung dari kayu yang bangunannya mempunyai 3 bagian. Bahkan beberapa rumah adat kini sudah dimodivikasi dengan. Tongkonan ini sangat erat hubungannya dengan pusat agama mereka.

Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja dinamakan tongkonan. Lebih jelasnya rumah ini merupakan rumah dengan jenis rumah panggung dengan 3 bagian utama. 11102019 Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja oleh masyarat sana dinamakan tongkonan.

Umumnya Tongkonan ini terbuat dari kayu yang ditumpuk dan diukir dengan warna kuning hitam dan juga merah. Rumah ini memiliki nama lain rumah Langkanae. Rumah Langkanae memiliki model seperti rumah adat Sulawesi Selatan lainnya yaitu rumah panggung.

Rumah Tongkonan adalah rumah adat Toraja di Sulawesi Selatan. Rumah Adat Suku Makassar Jika dilihat dari kategori maka rumah adat Sulawesi Selatan ini masuk dalam jenis rumah panggung yang memiliki tinggi 3 meter dari permukaan tanah. 6142020 Rumah adat Sulawesi Selatan yang ditinggali oleh suku Bugis sehingga sampai saat ini dikenal dengan nama rumah adat bugis.

Namun untuk menambah informasi anda di mana dahulunya terdapat rumah adat yang juga menghiasi keberadaan Sulawesi Selatan yaitu diberi nama dengan rumah adat Luwuk. Berikut kami paparkan penjelasannya secara lengkap untuk Anda. Dulunya rumah adat ini adalah rumah Raja Luwu.

10132020 Nama rumah adat Sulawesi Selatan tersebut adalah tongkonan rumah khas milik suku Toraja. Ciri khas Rumah Adat Bugis. Tongkonan ini sendiri berdiri di atas tumpukan kayu dan terdapat ukiran warna hitam merah dan kuning.

Rumah Adat Suku Bugis. Jenis rumah adat Sulawesi Selatan yang kedua adalah rumah yang dimiliki oleh suku Bugis. 552020 Rumah Adat Suku Makassar Nama lain dari rumah ini adalah Balla yaitu sebuah rumah tradisional yang berbentuk panggung.

Padahal ada objek menarik yang tak kalah unik untuk dikunjungi yaitu rumah adat SulSel. Di masa dulu rumah ini bukan hanya sebagai sebuah tempat tinggal melainkan juga sebagai bukti kekuasaan adat. Rumah Adat Suku Makassar.

9142020 Rumah adat sulawesi selatan adalah rumah tradisional daerah sulawesi selatan yang terbagi menjadi lima jenis. Bentuknya yang unik serta detail bangunan yang cantik mampu memberikan daya tarik tersendiri. GPS Wisata Indonesia Pada puncak atap rumah adat ini terdapat timbaksela yang.

Tongkonan melambangkan hubungan dengan leluhur mereka sehingga rumah ini dipakai sebagai pusat spiritual mereka. 12172019 Ketika kalian melakukan liburan di Sulawesi Selatan umumnya pasti mencari objek wisata atau kuliner khas setempat. Rumah adat Sulawesi Selatan selanjutnya adalah Sapana.

Ada terdapat jenis-jenis rumah adat sulawesi selatan yang terdiri dari Rumah Adat Suku Makassar Bugis Luwuk Mandar Toraja. Tongkonan ini juga melambangkan hubungan dengan para leluhur mereka hal inilah yang menjadikan rumah ini digunakan untuk pusat spiritual mereka. Hal itu dikarenakan pada masa penjajahan Belanda sudah menghancurkan rumah adat tersebut.

Jika ditinjau dari garis besarnya rumah adat Sulawesi Selatan ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu kolong inti rumah dan atap. Ciri rumah ini yaitu tangganya terbuat dari anyaman bambu dengan jumlah induk tangga tiga sampai empat. Jika dilihat desain bangunan mirip dengan rumah adat suku Makassar yang berbentuk panggung.

Rumah ini ditopang dengan beberapa tiang kayu yang tersusun rapi.

34 Rumah Adat Provinsi Di Indonesia Lengkap Themoondoggies Rumah Home Fashion Arsitektur

Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambar Penjelasannya Rumah Rumah Bangsawan Langit Langit

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Adat Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagu Daerah Suku Dan Julukan Di Indonesia Pakaian Tari Kartun Tarian

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Darussala Tarian Pakaian Tari Gambar

24 Nama Nama Rumah Adat Di Seluruh Indonesia Ruana Sagita Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

30 Gambar Kartun Rumah Adat Sumatera Selatan 35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Download Arsitektur Vernakular Arsitektur Home Fashion

Nama Rumah Adat Kalimantan Timur Beserta Gambar Amp Penjelasannya 8230 Arsitektur Kolonial Gaya Arsitektur Rumah

Gambar Dan Nama Rumah Adat Dari 33 Provinsi Di Indonesia Arsitektur Arsitektur Vernakular Hotel Desain

Rumah Adat Wajo Bola Seratue Visit Sulsel Insta Sengkang Wisata Jjs Wajo Jjs Jjs Wajo Rumah Rumah Adat Like4like House Styles House Design House

Pin Di Screenshots

24 Gambar Kartun Rumah Adat Sulawesi Selatan 40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam Download Rumah Adat Docx Docum Arsitektur Gambar Gambar Kartun

Bukantrik Com Nbspthis Website Is For Sale Nbspbukantrik Resources And Information Arsitektur Arsitektur Vernakular Rumah

Gambar Rumah Adat Dan Pakaian Adat Sulawesi Selatan Google Penelusuran Menggambar Pakaian Gambar Pakaian Tari

34 Nama Rumah Adat Pakaian Tarian Adat Dan Senjata Tradisional Di Provinsi Indonesia Lengkap Pelajaran Sekolah Online Pakaian Tari Gambar Tarian Tarian

Rumah Adat Bolon Desain Produk Rumah Ide Dekorasi Rumah

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Tarian Gambar Tarian Kerja Kelompok

Rumah Adat Nusantara Blog Sauted Arsitektur Vernakular Rumah Indonesia

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Adat Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagu Daerah Suku Dan Julukan Di Indonesia Pakaian Tari Tarian Gambar Tarian

Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah Gambar Artis