Rumah Adat Asal Sulawesi Utara

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Saturday, November 28, 2020

Rumah Adat Asal Sulawesi Utara

Teradapat juga nilai filosofis dan jenis-jenis rumah adat di daerah ini. Rumah yang satu ini memiliki atap yang melintang dengan bubungan yang sedikit curam.

Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Bugis Keunikan Ciri Khas Gambar

Rumah Walewangko merupakan rumah tradisional suku Minahasa yang mendiami Sulawesi Utara.

Rumah adat asal sulawesi utara. Adapun itu ruang dalam terdiri atas ruang induk dan ruang tidur. Beberapa nama raja tersebut adalah Raja Nagaraja Raja Atian Raja Mogam dan lainnya. Selain 4 ruangan utama tersebut terdapat ruangan yang ada di bagian atas yang dipakai untuk gadis yang dipingit.

Keunikan rumah adat Bolaang Mongondow yaitu bentuk atapnya melintang dan memiliki bubungan yang lancip atau curam. Rumah Adat Woloan merupakan bangunan pemukiman tradisional yang berasal dari Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Bentuk rumah adat masing-masing suku bangsa di Sulawesi Utara memiliki perbedaan bentuk ciri khas dan keunikan sesuai dengan kepercayaan dan kondisi alam di wilayah yang mereka tempati.

Rumah Adat Sulawesi Utara Sulawesi Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di paling ujung Pulau Sulawesi. Rumah Adat Sulawesi Utara Sejarah Dan Penjelasan Lengkap Setiap rumah adat masing masing. Namun demikian rumah adat yang menjadi ikon budaya Provinsi Sulawesi Utara adalah rumah adat masyarakat suku Minahasa yang disebut dengan nama Walewangko.

Masing masing suku tersebut memiliki kebudayaan yang berbeda beda salah satunya terletak pada rumah adatnya. Bentuk rumah-rumah adat di Sulawesi Utara merupakan rumah panggung. Seiring berjalannya waktu nilai tersebut masih terbawa dan terus berkembang mengikuti era modernisasi.

Dulunya rumah adat Sumatera Utara merupakan tempat tinggal 13 raja yang berdomisili di Sumatra Utara. Rumah tersebut juga dikenal dengan rumah Walewangkoa. Kedua rumah adat dari Sulawesi Utara ini memiliki fungsi yang hampir mirip namun ada beberapa aspek yang menjadikannya berbeda.

Di Sulawesi Utara terdapat penduduk dengan berbagai suku bangsa yaitu Minahasa Bolaang Mongondow Sangir-Talaud dan Gorontaro. Rumah adat Pewaris adalah rumah tradisional yang sangat khas dari suku Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Rumah adat dari Sulawesi Utara yang pertama ada Bolaang Mongondow.

Begitu pula yang terjadi pada rumah adat Sulawesi Utara ini. Di mana tiang penopangnya dibuat dari kayu yang kokoh. Pulau sulawesi ini pun terbagi bagi seperti sulawesi selatan sulawesi utara sulawesi barat sulawesi tengah dan sulawesi timur.

Ada beberapa jenis yang dimiliki oleh rumah tradisional Sumut ini. Rumah adat atau rumah tradisional sulawesi utara tidak jauh berbeda dengan rumah adat pada umumnya memiliki bentuk yang khas serta dalam setiap enampilannya terkandung filosofi atau makna. Semua itu akan dibahas tuntas dalam ulasan berikut.

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 34 provinsi. Yaitu rumah Adat Manado Walewangko dan rumah adat Bolaang Mongondow. Seperti halnya rumah adat lain rumah adat Sulawesi Utara memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Rumah adat Sulawesi Utara Bolaang Mongondow terbagi ke dalam 4 ruangan. Hingga saat ini kebudayaan tersebut masih ada termasuk pakaian adat yang beberapa kali ditemukan dalam versi modern. Secara spesifik ada 2 jenis Rumah Adat Sulawesi Utara.

Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukota Manado ini memiliki beberapa rumah adat yang unik. Ciri yang bisa dilihat adalah bentuk rumah layaknya panggung lengkap dengan balok kayu serta dilengkapi 2 buah tangga pada bagian depan lebih tepatnya di kanan dan kiri dari rumah. Baju adat Sulawesi Utara terbagi atas beberapa macam tergantung dari daerahnya masing-masing.

Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi bencana seperti banjir dan gempa bumi. Masing-masing suku tersebut memiliki kebudayaan yang berbeda-beda salah satunya terletak pada rumah adatnya. Setiap suku bangsa yang ada di Indonesia tentunya memiliki rumah adatnya masing-masing begitu juga rumah adat Sulawesi Utara yang ditempati oleh masyarakat Minahasa.

Selain rumah pewaris atau Walewangko dikenal juga rumah adat Sulawesi Utara lainnya yakni Bolaang Mangondow. Rumah yang satu ini memiliki atap yang melintang dengan bubungan yang sedikit curam. Bagian tangganya ada di depan rumah dengan serambi tanpa dinding.

Secara umum rumah Walewangko atau rumah Pewaris digolongkan sebagai rumah panggung. Setiap provinsi memiliki budaya yang berbeda termasuk dalam hal arsitektur rumah. Rumah ini memiliki bentuk rumah panggung seperti kebanyakan rumah adat lainnya di Pulau Sulawesi.

Setiap rumah adat masing-masing suku di berbagai Provinsi memiliki keunikannya masing-masing. Ruangan tersebut antara lain serambi depan kamar dapur dan ruangan besar di bagian tengah yuong in baloi. Rumah Adat Bolon merupakan rumah khas suku Batak yang mana berasal dari Sumatra Utara.

Bangunan pemukiman ini berbentuk panggung dan telah dikenal sebagai bangunan tahan gempa. Selain rumah pewaris atau Walewangko dikenal itu juga rumah adat Sulawesi Utara lainnya yakni Bolaang Mangondow itu. Bagian itu tangganya ada di depan rumah dengan serambi tanpa dinding.

Rumah adat Sulawesi Utara ini masih lestari dan memiliki gaya arsitektur yang indah dan mengagumkan. Rumah adat Walewangko dibuat dengan struktur yang simetris dan bangunannya tampak sangat megah dengan bentuknya yang merupakan rumah panggung. Sama seperti rumah adat lain di Indonesia Rumah Adat Walewangko juga memiliki gaya arsitektur dekorasi fungsi dan nilai filosofi yang erat kaitannya dengan ada istiadat suku setempat.

Layaknya sebuah istana rumah adat Walewangko memiliki jalan. Sejak dulu rumah adat Minahasa sudah memiliki arsitektur dan desain yang khas. Provinsi yang beribukota di Kota Manado ini selain dikenal memiliki stok wanita cantik paling banyak di Indonesia juga diketahui memiliki keragaman budaya dari suku-suku yang tinggal dan hidup di dalamnya.

Membahas sekilas tentang Provinsi Gorontalo wilayah ini terletak sebelah utara Pulau Sulawesi. Jika Anda melihat rumah Walewangko secara keseluruhan maka Anda akan takjub dengan bentuk dan struktur rumah adat asal Sulawesi Utara ini. Rumah Adat Sulawesi Utara ini berasal dari Suku Minahasa yaitu salah satu suku terbesar yang mendominasi wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Rumah adat ini dibangun oleh suku asli sulawesi utara yaitu suku minahasa. Kali ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap tentang rumah adat Gorontalo yang disertai dengan gambar. Bentuk yang estetis dan tahan dari guncangan gempa membuat produksi rumah tradisional ini menjadi komoditas ekspor ke negara Argentina dan Venezuela.

2 Rumah Adat Khas Sulawesi Utara Celebes

Rumah Bolaang Mongondow Rumah Adat Sulawesi Utara Indonesia Rumah Indonesia Sejarah

4500 Gambar Rumah Adat Sulawesi Tenggara Hd Gambar Rumah

35 Rumah Adat Indonesia Daerah Asal Penjelasan Beserta Gambarnya

Rumah Adat Sulawesi Utara Nama Jenis Bentuk Ciri Khas

Sulawesi Utara Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

30 Gambar Mewarnai Rumah Adat Sulawesi Selatan Terlengkap Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Rumah Adat Manado Struktur Keunikan Dan Penjelasan Lengkap

Rumah Adat Laikas Malige Suku Tolaki Budaya Indonesia

2 Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara Disertai Gambar Dan Penjelasan

Desain Rumah Adat Manado Sulawesi Utara Rumah Desain Rumah Arsitektur

Liburan Sambil Berburu Keunikan 5 Rumah Adat Khas Sulawesi

35 Gambar Sketsa Rumah Adat Sulawesi Utara Terbaik Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Mengenal Rumah Adat Dulohupa Di Gorontalo Sulawesi Utara

Rumah Adat Sulawesi Utara Walewangko Gambar Dan Penjelasannya Adat Tradisional

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagu Bahasa Suku Julukan Di Indonesia

Rumah Adat Sulawesi Utara Sejarah Dan Penjelasan Lengkap

Rumah Adat Khas Sulawesi Barat Celebes

Jual Miniatur Rumah Adat Sulawesi Utara Di Lapak Puma Store Bukalapak