Apa Rumah Adat Sunda

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Monday, December 21, 2020

Apa Rumah Adat Sunda

2232020 Rumah adat sunda Suku Sunda merupakan salah satu suku yang mendiami wilayah di daerah Jawa Barat. Dalam rumah adat Jawa Barat untuk menyambut tamu biasanya dilakukan di bagian hareup atau depan rumah yang disebut dengan emper.

Rumah Adat Sunda Cikondang Bandung Jawa Barat Arsitektur Rumah Pedesaan Rumah

Bagaimanapun rumah adat sunda memiliki desain yang sangat memukau dan juga patut cocok untuk dijadikan rumah masa kini dengan catatan menyusung tema minimalis modern.

Apa rumah adat sunda. Rumah adat Sunda yang satu ini cocok buat kamu yang mau membuat rumah dengan model sangat eksotis. Sedangkan pada bagian ujung atapnya berbentuk saling silang yang kemudian menyisakan hasil persilangan di antara kayu dengan bambu. 962019 Beberapa di antaranya perahu kemureb badak heuay tagog anjing jolopong capit gunting julang ngapak jubleg nangkub buka pongpok dll.

Atap dari rumah Sunda terbuat dari ijuk alasan pemilihan ijuk sebagai material atap karena ijuk merupakan material yang dapat menyerap panas dengan baik sehingga tidak menimbulkan suasana gerah di dalam rumah. Rumah Adat Perahu Kemureb. Tadinya salah satu nama susuhunan atau bentuk dari sebuah atap rumah disebut dengan capit gunting.

Untuk penguat antar tiang digunakan paseuk dari bambu atau tali dari ijuk ataupun sabut kelapa sedangkan bagian atap sebagai penutup rumah menggunakan ijuk daun kelapa atau daun rumia karena rumah adat Sunda sangat jarang menggunakan genting. Selain itu pembuatannya dilakukan berdasar fungsi dan tradisi di daerah setempat. 3102020 Rumah adat yang satu ini memiliki berbagai macam jenis.

Jenis rumah adat Sunda selanjutnya ialah jolopong. Hampir di setiap bangunan rumah adat Sunda sangat jarang ditemukan paku besi maupun alat bangunan modern lainnya. Rumah adat Sunda bahasa Sunda.

Bahkan pada rumah adat Sunda yang berusia tua ketinggian kolong rumah bisa mencapai 18 meter. Namun terdapat 5 jenis rumah adat dari suku Sunda yang perlu Anda ketahui. Berikut 8 jenis rumah adat Sunda yang jarang diketahui luas oleh masyarakat beserta fungsinya.

Depan Rumah atau Hareup Imah. Rumah adat ini memiliki keunikan pada atapnya yang berbentuk memanjang bak sebuah pelana. Dengan itu tergantung dengan desain dari rumah yang digunakan.

Bentuk atap pada rumah adat Sunda ini mirip dengan bentuk gunting sehingga dinamakan capit gunting. Namun suku sunda Jawa Barat mempunyai jenis-jenis tersendiri dari bentukan rumah mereka. Nah berikut beberapa jenis rumah adat Sunda yang harus Anda ketahui.

Rumah adat yang satu ini bisa dikategorikan sebagai salah satu rumah adat Sunda yang pembangunannya lebih mudah. Dan setiap rumah memilki keunikan dan perbedaan masing-masing. Imah adat Sunda mengacu pada rumah tradisional orang Sunda yang sebagian besar mendiami bagian barat pulau Jawa Propinsi Jawa Barat dan Banten Indonesia.

Jika dilihat dari bagian depan seluruh bagian atap dari rumah ini tidak kelihatan dan yang terlihat hanyalah segitiga dari bentuk rumah tersebut. Rumah adat Sunda secara tradisional memiliki bentuk rumah panggung dengan ketinggian sekitar 05-1 meter di atas permukaan tanah. Rumah Adat Perahu Kemureb.

Mereka sebagian besar tinggal di daerah tatar sunda atau yang sering dikenal dengan istilah tanah pasundan. Nilai-nilai filosofis yang terdapat pada bangunan atau rumah adat Sunda di antaranya adalah. Jadi para tamu dan pemilik rumah duduk di lantai atau menggunakan.

Arsitektur rumah Sunda ditandai dengan fungsi kepolosan kesederhanaan keseragaman dengan sedikit detail penggunaan bahan atap lembaran daun daun alam dan. Atap sebagai mahkota dari sebuah bangunan mempunyai fungsi untuk melindungi penghuni yang berada di dalamnya. Rumah adat Jawa Barat memilki banyak nama dan rupa.

Rumah Sunda Capit Gunting Model desain rumah Sunda yang pertama yang bisa anda jumpai bila mampir ke beberapa desa di Jawa Barat adalah model rumah Capit Gunting. 332018 Sama dengan prinsip rumah pada umumnya yaitu melindungi penghuninya dari terik panas dan dinginnya hujan. Jenis rumah adat suku Sunda yang pertama adalah Rumah Adat.

Rumah adat ini dinamakan rumah adat Buka Pongpok karena memiliki bentuk pintu masuk yang sejajar dengan salah satu ujung atap suhunan. Seperti salah satu contohnya adalah rumah adat Sunda. Tidak hanya itu rumah-rumah adat ini juga memiliki peran dan fungsi masing-masing.

1242021 Nama Rumah Adat Sunda. Rumah adat suku Sunda selanjutnya yaitu rumah adat Buka Pongpok. Rumah Adat yang berbentuk panggung memiliki filosofi bahwa manusia itu tidak hidup di atas langit tidak pula hidup di dunia bawah tetapi berada di tengah-tengah oleh karena itu manusia harus hidup di pertengahan yang direalisasikan dalam bentuk rumah adat Sunda yang.

Bagian depan rumah atau hareup dari rumah tradisional Sunda tidak memiliki furnitur atau perabot rumah seperti sofa dan kursi. Saung ranggon adalah nama rumah adat Sunda yang terletak di. Suku Sunda memiliki banyak sekali ragam budaya yang unik dengan ciri khasnya tersendiri.

Hal ini dikarenakan penggunaan material atap yang lebih sederhana dibanding rumah adat Sunda lainnya. Tentunya setiap jenis dari rumah tersebut mempunyai keistimewaan atau ciri khas tersendiri. Atap rumah adat ini pun umumnya selalu disangga dengan empat tiang.

Di Jawa Barat memilki lima rumah adat yang dimana itu memiliki ciri khas daerah setempat. Rumah adat Sunda Kasepuhan mengambil konsep keraton di mana memiliki gerbang utama yang mirip dengan gerbang-gerbang pura Bali. 362021 Dalam desain atau rancangannya sebenarnya rumah adat Sunda punya banyak model dan jenis.

972018 Desain Rumah Adat Sunda Modern Rumah adat sunda masih menjadi primadona bagi sebagian besar suku sunda saat memilih sebuah desain rumah. Yuk kita kenali apa saja desain rumah Sunda tradisional di bawah ini.

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Rumah Gambar

Suku Sunda Merupakan Salah Satu Suku Yang Menempati Wilayah Propinsi Jawa Barat Daerah Yang Didiami Oleh Suku Sunda Disebut Tatar Sunda A Rumah

Denah Rumah Adat Sunda Desain Denah Rumah Desain Rumah

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website House Design Pictures Bamboo House Design Small House Design

Rumah Tradisional Sunda Arsitektur Rumah Rumah Thai House

Emishad Me Arsitektur Rumah Petani

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website Bamboo House Design Small House Design Philippines Bamboo House

Rumah Adat Sunda Di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Garut Jawa Barat Rumah Pedesaan Arsitektur Rumah Rumah

Traditional Architecture Traditional House Of Java Steemit Casa De Playa Playa

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Eco House Architecture House Ornaments

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website House Styles Outdoor Decor Dream House

20 Gambar Kartun Rumah Adat Sunda Contoh Gambar Mewarnai Rumah Adat Sunda Kataucap Download Gambar Mewarnai Rumah Adat Papua Ga Gambar Kartun Gambar Rumah

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website House Design Architect Design House Exterior

Desain Rumah Adat Sunda Jawa Barat Desain Rumah Eksterior Rumah

Rumah Adat Sunda Di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Garut Jawa Barat Rumah Pedesaan Rumah Arsitektur

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website Java Architecture Traditional Architecture Architecture

Denah Rumah Adat Sunda Denah Rumah Desain Rumah

15 Gambar Desain Rumah Adat Jawa Barat Sunda Selengkapnya Kunjungi Website Vernacular Architecture Culture Of Indonesia Architecture

Macam Macam Nama Rumah Adat Suku Sunda Kumparan Com Rumah