Nama Rumah Adat Suku Sunda

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Wednesday, December 23, 2020

Nama Rumah Adat Suku Sunda

Suku Sunda memiliki berbagai jenis rumah adat yang perlu Anda ketahui. 332018 Sama dengan prinsip rumah pada umumnya yaitu melindungi penghuninya dari terik panas dan dinginnya hujan.

Pin Oleh Maharatri Fitria Di Ya Pakaian Tari Tarian Kerja Kelompok

Rumah adat Sunda sebenarnya memiliki nama yang berbeda-beda bergantung pada bentuk atap dan pintu rumahnya.

Nama rumah adat suku sunda. 1212020 Rumah adat Parahu Kumureb memiliki makna harfiah dalam bahasa Indonesia yaitu rumah adat perahu terbalik. 8232020 Nama rumah berdasarkan jenis atap ini memang sangat aneh dan mengundang pertanyaan dari berbagai pihak termasuk orang orang di luar suku Sunda. Bentuk rumah pada umumnya adalah persegi panjang yang meluas ke belakang.

Nama tersebut cukup menjelaskan bentuk atapnya yang memang persis seperti perahu terbalik. Kolong rumah tersebut mempunyai nama kolong Imah dan untuk masuk kedalam rumah terdapat tangga yang di beri nama Golodog. Nama rumah adat Sunda memang selalu di sangkutpautkan dengan nama benda atau hewan di sekitarnya.

Mengapa diberi nama Badak Heuay. Gaya rumah adat Suku Sunda bentuknya berupa rumah panggung. Rumah tradisional suku Sunda selanjutnya yaitu rumah adat Badak Heuay.

Tihang atau tiangnya dari balok kayu pasagian dindingnya bilik yang terbuat dari anyaman bambu. Rumah adat Sunda ini masih terdapat di kawasan Kampung Dukuh kuningan dan juga Kampung Naga Tasikmalaya. Rumah adat sunda di masyarakat sunda buhun kuno dikenal beberapa jenis bangunan rumah adat Dahulu bentuk bangunan rumah adat sunda ini berupa panggung yang kaki-kakinya terbuat dari batu persegi balok atau disebut batu tatapakan.

Nama tersebut dipilih karena rumah adat ini memiliki bentuk atap yang. Rumah adat Sunda secara tradisional memiliki bentuk rumah panggung dengan ketinggian sekitar 05-1 meter di atas permukaan tanah. 3132019 Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya Suku Sunda memiliki ragam jenis rumah adat yang secara garis besar berjumlah enam.

Hal ini berhubungan dengan filosofi rumah yang seperti anjing nagog atau anjing yang sedang duduk atau jongkok. Jenis rumah adat Sunda selanjutnya ialah jolopong. Kaki-kaki rumah adat Sunda disebut batu tatapakan yaitu batu yang dipahat membentuk balokLantainya dari kayu papan atau palupuh dari bambuDari tanah ke lantai ada kolong biasanya sering dimanfaatkan untuk kandang ayam entog meri itik atau soang angsa.

Nama-nama dari Rumah Adat Suku Sunda yaitu Rumah Adat Jolopong Rumah Adat Parahu Kumureb Rumah Adat Julang Ngapak Rumah Adat Tagog Anjing Rumah Adat Capit Gunting dan Rumah Adat Badak Heuay. Jenis rumah adat suku Sunda yang pertama adalah Rumah Adat. Jika disebut namanya rumah adat ini memang mengandung unsur binatang yaitu anjing.

Biasanya Kolong rumah di gunakan untuk menyimpan peralatan bertani dan kandang binatang ternak. Rumah adat Badak Heuay sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Badak Menguap. Namun suku sunda Jawa Barat mempunyai jenis-jenis tersendiri dari bentukan rumah mereka.

Selain atap yang disebut mirip badak menguap Sunda juga memiliki rumah dengan bentuk Tagog Anjing atau anjing duduk. Secara tradisional ada atap yang bernama suhunan Jolopong Tagong Anjing Badak Heuay Perahu Kemureb Jubleg Nangkub Capit Gunting dan Buka Pongpok. Rumah adat suku Sunda mengadopsi kehidupan para leluhurnya yang memiliki hubungan harmonis dengan alam.

Tujuan dibuatnya rumah panggung ini adalah supaya bagian kolong rumahnya bisa dipakai untuk menanggulangi banjir jika kebetulan terjadi bencana banjir. Rumah adat ini memiliki keunikan pada atapnya yang berbentuk memanjang bak sebuah pelana. Hal ini tak beda jauh dengan nama rumah adat yang satu ini yaitu Badak Heuay yang jika diartikan ke bahasa Indonesia yaitu Badak Menguap.

Bisa juga digunakan untuk menanggulangi bencana gempa bumi. Hal ini dikarenakan penggunaan material atap yang lebih sederhana dibanding rumah adat Sunda lainnya. Rumah adat suku Sunda menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Kalau rumah adat Sunda yang berumur cukup tua mempunyai kolong dengan ketinggian bisa mencapai 18 M. Bahkan di sebuah rumah tradisional Sunda tua dalam sebuah ketinggian di bawah rumah bisa mencapai 18 meter. Rumah Tradisional Capit Gunting Rumah tradisional dari capit gunting memiliki struktur yang cukup sederhana terdiri dari dapur Kamar tidur ruang tamu serta teras.

Bentuk rumah adat sunda. Rumah adat Sunda juga menjadi salah satu kekayaan budaya masyarakat Sunda yang patut dibanggakan dan dilestarikan keberadaannya. Berikut nama-nama rumah adar suka Sunda.

10212020 Rumah tradisional Sunda secara tradisional mempunyai sebuah bentuk rumah panggung yakni kira-kira 05 hingga 1 meter di atas tanah. Rumah adat yang satu ini bisa dikategorikan sebagai salah satu rumah adat Sunda yang pembangunannya lebih mudah. Rumah adat Parahu Kumureb terdiri dari empat bentuk utama yakni bentuk trapesium yang berada di bagian depan dan belakang rumah.

Rumah adat suku Sunda biasanya memiliki ciri khas seperti kesederhanaan penggunaan bahan atap alami hingga ikatan kuat dengan alam sekitar.

Traditional Architecture Traditional House Of Java Steemit Casa De Playa Playa

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Desain Rumah Rumah Desain Arsitektur

Emishad Me Arsitektur Masjid Rumah Petani Rumah Tropis

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Adat Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagu Daerah Suku Dan Julukan Di Indonesia Pakaian Tari Kartun Tarian

Macam Macam Nama Rumah Adat Suku Sunda Kumparan Com Rumah

Pin By Salon On Baju Daerah Culture Art Traditional Dresses Traditional Outfits

Rumah Adat Sunda Arsitektur Arsitektur Vernakular Rumah

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Eco House Architecture House Ornaments

Lampung Tarian Gambar Pakaian Tari

Pin Di Architecture

Paling Bagus 24 Gambar Rumah Adat Joglo Gambar Rumah Adat Jawa Tengah Atau Yang Disebut Dengan Joglo Ini Pun Memil Rumah Ide Dekorasi Rumah Desain Arsitektur

34 Nama Rumah Adat Pakaian Tarian Adat Dan Senjata Tradisional Di Provinsi Indonesia Lengkap Pelajaran Sekolah Online Di 2020 Pakaian Tari Pakaian Tarian

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Rumah Gambar

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Darussala Tarian Pakaian Tari Gambar

Hasil Gambar Untuk Rumah Dan Pakaian Adat Jawa Kartun Pakaian Tari Gambar Tarian

Rumah Tradisional Sunda Arsitektur Rumah Thai House Home Fashion

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Rumah Gambar

Rumah Adat Jawa Barat Home Fashion Rumah Anjing

Hasil Gambar Untuk Rumah Panggung Sunda Rumah Dekorasi Rumah Dekorasi