Rumah Adat Dari Jambi

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Tuesday, December 1, 2020

Rumah Adat Dari Jambi

2162021 Umumnya rumah Kajang Leko terbuat dari kayu. Biasa kita lihat dari cara berpakaian dan arsitektur bangunan.

Rumah Adat Jambi Koleksi Gambar Nama Rumah Adat Jambi Lengkap Dengan Penjelasannya Arsitektur Home Fashion Desain Rumah

Secara resmi rumah adat Jambi dikenal dengan rumah Kajang Leko walaupun realitanya masih ada beberapa rumah adat lain seperti Rumah Tuo Rantau Panjang dan Rumah Batu Pangeran Wirokusumo.

Rumah adat dari jambi. 9222020 Kajang Lako adalah rumah tradisional Jambi yang berasal dari rumah milik suku Marga Bathin salah satu suku yang ada di Provinsi Jambi. Suku Batin ini sudah lama menempati wilayah Jambi dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya salah satunya rumah adat. Seperti yang dikatakan sebelumnya dimana setiap ruangannya dihadirkan dengan maksud tersendiri.

1302021 Sama dengan rumah adat yang berasal dari Pulau Sumatera lainnya rumah adat Jambi ini memiliki konsep rumah panggung. 10162020 Gubernur Jambi mengadakan sayembara bernama Sepucuk Jambi Sembilan Rumah pada tahun 70-an. 10152020 Rumah kajang leko merupakan rumah adat Jambi yang dimiliki oleh suku Batin.

8232020 Secara garis besar bangunan tradisional khas Jambi ini dibagi menjadi 8 ruangan yang terdiri dari ruang gaho pelamban ruang masinding ruang balik menahan ruang balik melintang ruang bawah dan juga ruang atas. Secara garis besar provinsi jambi memiliki 3 jenis rumah adat yaitu rumah adat kajang leko rumah batu pangeran wirokusumo dan rumah adat merangin. 462020 Mulai dari tari-tarian pakaian adat sampai pada rumah adat.

Rumah ini terbuat dari kayu. Struktur seperti rumah panggung serta dilengkapi dengan dua buah tangga yakni tangga utama dan tangga tambahan. Rumah adat Jambi adalah salah satu ciri khas bagi provinsi yang berada di tengah-tengah Pulau Sumatera ini.

Rumah ini juga dikenal dengan nama rumah Kajang Leko. Ruangan kedua adalah serambi. Hingga saat ini ada tiga jenis rumah adat Jambi yang masih bertahan di antaranya yaitu Kajang Leko Merangin dan Batu Pangeran Wirokusumo.

4122019 Secara garis besar Provinsi Jambi memiliki 3 jenis rumah adat yaitu Rumah Adat Kajang Leko Rumah Batu Pangeran Wirokusumo dan Rumah Adat Merangin. Bentuknya yaitu persegi panjang yang kalau dilihat dari atas akan terlihat jelas sekali. Daerah ini masih sangat kental dengan adat istiadat.

Apabila diperhatikan bentuk rumah adat kajang leko dari Jambi ini umumnya memiliki keunikan dan ciri khas sehingga berbeda dengan rumah adat Jambi lainnya. Konon kabarnya nenek moyang orang Batin berasal dari 60 tumbi keluarga yang pindah dari Koto Rayo. Rumah ini dibangun dengan ketinggian yang cukup supaya pemilik rumah Kajang Leko ini terlindungi juga dari banjir.

Rumah adat Jambi ini memiliki beberapa ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis rumah adat lainnya yaitu. Rumah Panggung Jambi adalah nama rumah adat yang berasal dari daerah Jambi. Berdasarkan cerita sejarah rumah ini berasal dari 60 tumbi atau keluarga yang pindah ke Koto Rayo.

Menurut sejarahnya bangunan ini telah diproses dengan sangat lama sehingga bisa ditetapkan menjadi salah satu ikon rumah tradisional masyarakat Jambi. Rumah adat Jambi merupakan rumah yang dimiliki oleh suku Batin yang merupakan suku asli Jambi. Keindahan dari rumah adat kajang leko ini masih bisa dinikmati oleh masyarakat luas contohnya di wilayah Kampung Lamo Rantau Panjang.

322021 Umumnya rumah Kajang Leko terbuat dari kayu. Nah untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang rumah adat daerah. Di Jambi ada satu buah rumah adat yang paling dikenal oleh masyarakatnya nama rumah adat Jambi ini adalah rumah Kajang Leko.

Rumah ini dibangun dengan ketinggian yang cukup dengan maksud agar pemilik rumah terlindungi pula dari banjir. Memiliki bentuk rumah panggung yang dilengkapi dengan dua buah tangga satu sebagai tangga utama dan lainnya sebagai tangga tambahan yang. Salah satu suku yang mendiami provinsi Jambi yaitu suku Batin.

5252019 Rumah tradisional yang menjadi rumah adat dari provinsi Jambi ini disebut dengan nama rumah Kajang Leko. Gaya arsitektur dari rumah ini seringkali disebut dengan Marga Batin. Selain Rumah Panggung atau Kajang Leko yang diakui sebagai rumah adat resmi Jambi suku Jambi masih memiliki 2 rumah adat lainnya.

Perlu kalian tahu kalo rumah adat Jambi ini ada 3 macam sob yaitu Rumah Kajang Leko Batu Pangeran Wirokusumo serta Merangin namun yang dipilih sebagai rumah adat Provinsi Jambi adalah Rumah Kajang Leko alias Kajang Lako. Selain Rumah Panggung atau Kajang Leko yang diakui sebagai rumah adat resmi Jambi suku Jambi masih memiliki 2 rumah adat lainnya. Sekitar tahun 70-an Pemerintah berencana untuk membangun TMII dan meminta setiap provinsi untuk menyerahkan desain ikon budayanya sendiri.

Sayembara tersebutlah yang akhirnya menghasilkan rumh adat Jambi bernama Rumah Panggung Kajang Leko. Dari segi arsitektur rumah adat ini sangatlah unik berkat keunikannya ini banyak yang masih mempertahankan bentuk asli dari rumah Kajang. Jambi memang terkenal akan kebudayaannya yang unik mulai dari pakaian tradisional hingga rumah adat yang dimiliki oleh suku batin suku asli jambi.

Ruangan pertama bernama jogan yang berfungsi sebagai tempat beristirahat anggota keluarga dan juga sebagai tempat untuk menyimpan air. Rumah ini terbagi ke dalam 8 ruangan. Rumah Panggung Kajang Leko atau yang biasa disebut rumah Kajang Leko adalah desain hunian yang sudah ditetapkan sebagai rumah adat Jambi setelah melalui proses pencarian yang panjang.

Hal ini bertujuan utnuk mencari rumah adat sebagai jati diri Jambi. Suku ini berada di kampung Lamo desa Rantau Panjang kecamatan Tabir kabupaten Merangin. Provinsi Jambi pada umumnya didominasi oleh suku Batin.

Ukuran rumahnya sekitar 12 x 9 m. Tentunya setiap rumah adat tersebut memiliki gaya arsitektur dekorasi fungsi dan nilai filosofi yang sangat unik. Namun dari ketiga jenis tersebut rumah adat Kajang Leko lah yang menjadi ikon dari kebudayaan Jambi dan masuk.

Bukan hanya memiliki arsitektur yang unik ternyata sejarah ditetapkan sebagai rumah adatpun cukup unik.

Rumah Adat Jambi Rumah Kajang Lako Rumah

Paling Keren 21 Gambar Rumah Nuwo Sesat Rumah Adat Tradisional Animation Rumah Adat Lampung Youtube Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Beser Gambar Rumah Pesisir

Gambar Rumah Adat Daerah Jambi Dari Koleksi Beragam Gambar Rumah Adat In 2020 House Styles Home Decor Cabin

Gambar Dan Nama Rumah Adat Dari 33 Provinsi Di Indonesia Arsitektur Arsitektur Vernakular Hotel Desain

Pin Di Traditional Houses

Laskar Pelangi Anak Bangsa 34 Provinsi Di Indonesia Lengkap Dengan Pakaian Tarian Rumah Adat Senjata Tradisional Suku Baha Gambar Menggambar Pakaian Tarian

Pin On Wallpaper

Gambar Rumah Adat Riau Carak Us Rumah Arsitektur Arsitektur Rumah

21 Gambar Rumah Adat Jambi Pertamanan Belakang Rumah Desain Produk Desain Arsitektur

Desain Rumah Adat Gadang Desain Rumah Rumah Desain

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Pekan Baru Desain Rumah Desain Rumah

Rumah Adat Tradisional Jambi Rumah Panggung Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Rumah Adat Riau Sejarah Dan Penjelasan Lengkap Beserta Gambar Klik Website Untuk Lihat Le Vernacular Architecture Traditional House Traditional Architecture

Gambar Rumah Adat Bengkulu Rumah Rakyat Rumah Desain Desain Rumah

21 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Arsitek Desain Rumah Rumah

Gambar Rumah Adat Jambi Panggung Kajang Leko Rumah Home Fashion Indonesia

Rumah Kajang Lengko Menjadi Rumah Adat Jambi Paling Terkenal Dan Banyak Digunakan Rumah Ini Memiliki Ciri Khas Unik Yang Menjadi Identi Rumah Bangunan Ruangan

Rumah Adat Jambi Di 2021 Home Fashion Rumah Arsitektur

5 Rumah Adat Kepulauan Riau Bukti Ragam Budaya Indonesia Desain Rumah Rumah Desain