Rumah Adat Honai Keunikannya

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Saturday, December 12, 2020

Rumah Adat Honai Keunikannya

Memiliki Kompleks Rumah Khusus. Ciri khasnya ada pada atapnya.

Paling Populer 25 Gambar Rumah Adat Papua Yuk Ketahui 4 Rumah Adat Papua Filosofi Fungsi Dan Bentuk Rumah Kaki Seribu Pesona Kekayaan Kul Hanoi Modern Bambu

Bahan kayu dengan atap kerucut.

Rumah adat honai keunikannya. Dari beberapa ragam rumah adat Papua yang telah disebutkan rumah Honai memiliki keunikan tersendiri. 2282020 Keunikan Rumah Adat Honai. Secara umum honai merupakan rumah adat tempat bermusyawarah untuk kepentingan mengadakan pesta adat dan perang suku.

Soalnya usut punya usut rumah ini sengaja didesain untuk menghalau hawa dingin yang melanda lembah Baliem. Komplek bangunan itu sudah beberapa. Keunikan yang pertama adalah rumah Honai tidak pernah berdiri sendiri.

Lalu ada juga keunikan rumah adat Tambi dari Sulawesi Tengah yang terkenal dengan sistem pembagian ruangan di dalamnya yang sangat lengkap. Rumah adat yang berada provinsi Papua hanya memiliki satu jenis saja yaitu Honai. Rumah adat honai merupakan rumah adat suku Dani yang tinggal Lembah Baliem Papua.

Salah satunya terlihat pada atapnya yang terbuat dari jerami. Kita hanya menjumpai sebuah pintu sebagai akses keluar masuk. Seorang yang sudah melihat rumah adat Papua ini kaget ketika masuk kedalamnya.

Nah karena keunikan inilah banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Berasal dari kata Hun dan ai yang dalam Bahasa Papua memiliki arti laki-laki dan rumah. Honai ini adalah tempat tinggal Suku Dani yang berasal dari kata Hun dan juga ai dimana artinya adalah rumah untuk laki-laki.

6252018 Nah di dalam artikel ini akan membahas mengenai keunikan rumah adat honai yang ada di Indonesia lebih tepatnya lagi rumah adat honai Papua bro. 4282020 Rumah adat rumsram memiliki ketinggian hingga 8 meter dengan 2 ruang di dalamnya. Ciri khas rumah adat honai adalah berbentuk lingkaran dengan.

4162019 Rumah adat suku Dani ini memang berbeda dengan rumah suku lainnya baik dari bentuk model serta fungsinya. Coba tengoklah gambar rumah honai. Sebuah rumah juga akan.

Keunikan rumah adat Honai katacoid Rumah Berbentuk Jamur Besar. 11292020 Misalnya keunikan rumah adat Honai dari Papua yang memiliki desain dan bentuk bangunan yang tahan terhadap cuaca dingin dan cuaca buruk di luar. Rumah ini juga memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berbentuk kerucut dan ternyata punya 5 lantai d idalamnya.

Selain unik Rumah Honai pun tidak hanya dijadikan tempat tinggal saja. 2 Rumah Adat Honai KEUNIKAN GAMBAR SEJARAH STRUKTUR Indonesia bisa dikatakan mempunyai beragam budaya unik yang mampu menyedot perhatian dunia. 2122018 Rumah adat ini bernama Mbaru Niang.

Berikut kami jelaskan mengenai keunikan rumah adat honai khas Papua. Rumah adat honai berasal dari provinsi Papua khususnya di bagian pegunungan. Arsitektur Rumah Adat Honai.

Anda dapat menjumpai rumah Honai di pedalaman Papua kebanyakan berada di. Honai bagi kaum perempuan disebut Ebeai yang terdiri dari dua kata yakni Ebe atau tubuh dalam pengertian kehadiran tubuh dan Ai yang berarti rumah. Inilah Honai rumah adat suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya Papua.

Menariknya rumah adat satu ini hanya dibangun oleh laki-laki dewasa yang berasal dari Suku Dani. Rumah Honai dibuat berkelompok karena kadang satu keluarga membutuhkan lebih dari satu rumah untuk tempat ternak mereka tinggal dan anak-anak yang sudah akil dewasa. Ketinggian yang dimiliki rumah ini mencapai 15m lho Sobat Moslem.

Nama honai laki-laki dalam bahasa Lani disebut ap inakunu dan honai perempuan disebut kumi inawi Orang Lani mempunyai tiga honai yakni honai bagi kaum laki-laki honai perempuan dan honai. Jika Anda belum pernah melihat rumah Honai maka jangan kecewa. Keunikan rumah adat Honai ini bukan karena tanpa alasan gengs.

622020 Rumah adat Kebaya adalah rumah tradisional khas Provinsi DKI Jakarta. Atapnya memiliki bentuk yang menyerupai pelana yang terlipat. Kalau diperhatikan dengan seksama sekilas rumah adat Honai ini bentuknya seperti jamur raksasa ya.

Ia tidak mengira bahwa rumah adat Honai mempunyai ciri khas tersendiri. Rumah adat Papua Barat ini umumnya memiliki ukuran cukup luas yakni 5. 1192021 Berikutnya kamu juga wajib memahami keunikan lain dari rumah Honai yakni meliputi filosofi kegunaan serta aturan adat yang dimiliki oleh suku Dani berkaitan dengan rumah adat yang satu ini.

Rumah adat suku lain selain suku Dani di papua tidak begitu berbeda kalaupun ada perbedaan tidak begitu mencolok. Rumah adat Ibukota Indonesia ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan rumah tradisional lainnya. Tujuannya adalah agar ruangan dalam rumah tersebut tetap hangat.

Selain itu hanya laki-laki dari golongan tersebut yang boleh menghuninya. Sayangnya rumah ini sudah sangat langka dan sedang berusaha dikonservasi menjadi sebuah warisan budaya Indonesia. Karakter inilah yang membuat Papua juga memiliki rumah adat yang sangat khas disebut rumah Honai.

Asal muasal nama Honai. Asal dan Keunikan Rumah Adat Honai. Dengan lokasi yang terletak di pulau paling timur yang ada di kawasan Indonesia tentunya membuat Suku Papua ini sendiri sangatlah unik mulai dari ada istiadatnya serta cara mereke menghidupi kehidupan mereka.

Rumah adat Papua yang selanjutnya adalah rumah adat Honai. Selain jadi tempat tinggal Honai juga multifungsi. Sehingga pada malam hari tidak terasa dingin.

Rumah Honai juga memiliki fungsi lain yaitu untuk menyimpan umbi-umbian hasil panen dan pengasapan mumi. Rumah adat ini banyak ditemukan di kawasan pegunungan atau lembah Papua. Sesuai namanya Honai adalah rumah yang diperuntukkan untuk laki-laki.

Ada banyak sekali diantara keunikan pada rumah adat Honai ini yang patut untuk Anda ketahui diantaranya adalah. Salah satu budaya itu adalah rumah adat honai yang sekilas memiliki bentuk menyerupai jamur raksasa. Biasanya rumah adat ini menjadi tempat tinggal bagi suku-suku Dani.

Menjadi paling populer rumah adat di Papua dikenal dengan nama Honai. 4162019 Kondisi wilayah Papua memang masih banyak tertutup oleh hutan tropis. Jika dilihat dari sisi samping akan tampak ada lipatan-lipatan kebaya.

Untuk ruangan pertama tidak terdapat adanya dinding dan hanya kolom bangunan saja yang terlihat. Keunikan lainnya dari rumah adat honai adalah tidak terdapat jendela.

Bukantrik Com Rumah Gaya Arsitektur Arsitektur

Bukantrik Com Arsitektur Rumah Indonesia

Desain Rumah Adat Tongkonan Desain Rumah Rumah Desain

Wow 15 Gambar Poster Rumah Adat Arsitektur Benteng Dan Rumah Adat Sulawesi Poster Pendidikan Rumah Adat Nusantara Belajar Mengga Poster Rumah Gambar Poster

Rumah Adat Kariwari Papua Rumah Gambar

Wae Rebo Village One Of The Most Beautiful Villages In Indonesia Indonesia Pedesaan Desain Rumah

Bukantrik Com Nbspthis Website Is For Sale Nbspbukantrik Resources And Information Arsitektur Arsitektur Vernakular Rumah

Pin Di Indonesia

Pin Oleh Diatri Kamaratih Di Indonesia Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Toraja Rumah Gambar Ide Dekorasi Rumah

Pin Di Cucu Baru

21 Gambar Rumah Adat Hitam Putih Desain Produk Rumah Ide Dekorasi Rumah

Pin Di Rumah Adat

Pin Di Kunci Jawaban Tematik

Irian Jaya Indonesia Indonesia Beautiful Thailand

Fantastis 26 Gambar Rumah Papua Gambar Desain Rumah Multidesain Arsitek Mengintip Keunikan Honai Rumah Adat Suku Dani Serba Serb Rumah Home Fashion Arsitek

Klumpu Rumah Adat Bali Gaya Arsitektur Rumah Bali

Untuk Jiwa Yang Sedang Dalam Pencarian Arsitektur Vernakular Rumah Arsitektur

Rumah Adat Panggung Jambi Traditional House Classic House House Design