Rumah Adat Ntb

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Wednesday, December 9, 2020

Rumah Adat Ntb

252021 Mengenal lebih dekat rumah adat Dalam Loka yang ada di kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat NTB ini ulasannya. Jarak atap ke tanah hanya sekitar 15-2 meter dengan diameter 15-3 meter.

Rumah Adat Dusun Sade Refleksi Budaya Sasak Wisata Pulau Lombok Ntb Pulau Lombok Budaya Indonesia

Seperti rumah adat di daerah lainnya rumah adat di NTB juga mengandung makna dan filosofinya sendiri.

Rumah adat ntb. 1192014 RUMAH ADAT NUSA TENGGARA BARAT NTB January 19 2014 Di Nusa Tenggara Barat ini pun juga memiliki beberapa rumah adat dari masing-masing suku asli daerahnya. Dimana untuk rumah ini merupakan rumah adat yang ada dikembangkan pada jaman pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III yang ada di Pulau Sumbawa. Di masa lalu para raja Sumbawa telah mendesain rumah adat ini dengan desain yang baik dan bagus.

382021 Bangunan rumah adat NTB Bale Tani ini biasanya dihuni oleh masyarakat Sasak yang bekerja sebagai petani. Dulunya rumah adat Sumatera Utara merupakan tempat tinggal 13 raja yang berdomisili di Sumatra Utara. 622020 Rumah Adat Bolon merupakan rumah khas suku Batak yang mana berasal dari Sumatra Utara.

Rumah Dalam Loka adalah kediaman raja-raja yang berasal dari Kabupaten Sumbawa NTB. Nama Dalam loka berasal dari bahasa sumba yaitu Dalam yang artinya Istana dan Loka yang artinya Dunia Jika diartikan keseluruhan berarti istana dunia. Rumah Dalam Loka adalah rumah adat warisan budaya dari para raja Sumbawa.

Inilah yang membuat. Rumah adat ini juga bisa Bela jadikan sebagai alternatif tempat wisata lho. Sesuai dengan namanya Rumah adat ini berfungsi sebagai kediaman para Raja dan menjadi pusat pemerintahan pada.

Masyarakat biasa menyebutnya Loka Samawa atau Dalam Loka. Setidaknya ada enam rumah adat yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat yang harus kalian ketahui. Sejauh ini ketiga suku itulah yang paling mewakili corak kebudayaan di Nusa Tenggara Barat.

Rumah adat NTB selanjutnya disebut dengan rumah adat Istana Sumbawa. Bentuk bangunan ini sangat unik berupa rumah panggung dengan ujung atap yang melebar dan runcing. Artikel ini selanjutnya membahas rumah adat dari suku-suku tersebut.

Beberapa nama raja tersebut adalah Raja Nagaraja Raja Atian Raja Mogam dan lainnya. 622020 Rumah Adat NTB Dalam Loka Sumber. Rumah Adat Sasak Sumber.

Rumah adat Nusa Tenggara Barat Bale Lumbung merupakan ciri khas dari rumah adat Suku Sasa Pulau Lombok. PEWARTANUSANTARACOM Nusa Tenggara Barat NTB mempunyai rumah Dalam. Yang paling terkenal dari rumah adat NTB adalah rumah Dalam Loka.

Rumah adat NTB yang pertama adalah Dalam Loka. Seperti di Sumbawa memiliki rumah adat bernama Dalam Loka Samawa dan di Lombok sendiri bale jajar bale-bale bale kodong dan bale gunung rata. Nah setelah sebelumnya membahas mengenai Rumah Adat Nusa Tenggara Timur NTT dan juga Rumah Adat Sumsel kini giliran rumah adat NTB Nusa Tenggara Barat yang akan dipaparkan dengan jelas.

Ada beberapa jenis yang dimiliki oleh rumah tradisional Sumut ini. Diantara 5 jenis lainnya Dalam Loka menjadi ikonik dari provinsi ini. Ketiganya merupakan rumah adat suku Sasak di Pulau Lombok rumah adat suku Sumbawa dan rumah adat suku Mbojo Bima-Dompu di Pulau Sumbawa.

Nggak heran sih sebab dahulu kala Dalam Loka dihuni oleh Raja Sumbawa dan digunakan pula sebagai pusat pemerintahan. Sebagaimana namanya bangunan ini berfungsi sebagai lumbung atau ruang penyimpanan hasil panen. Tentu saja letak rumah ini bisa kamu temukan di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Di NTB setidaknya bisa kita temukan 3 jenis rumah tradisional adat. Rumah Adat NTB Istana Sumbawa Contoh rumah adat NTB selanjutnya adalah rumah istana Sumbawa yang didirikan serta dikembangkan oleh pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III di Pulau Sumbawa lebih tepatnya di Kota Sumbawa Besar. Rumah ini mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal raja seperti rumah adat sebelumnya.

Arsitektur desain rumah ini cukup unik dan berbeda daru rumah adat lainnya. 3102021 Rumah ini bisa dibilang sebagai salah satu ikon budaya provinsi NTB. Jika ingin mengenal rumah adat NTB lebih jauh rumah adat Sasak yang ada di Dusun Sade ini bisa jadi pilihannya.

Dengan konsep rumah panggung namun pada bagian atap yang runcing dan melebar serta sedikit lurus ke arah bawah. Rumah adat tersebut merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Sumbawa. Berbeda dengan bangunan lainnya rumah adat Bale Tani dibuat menempel dengan tanah.

Dusun Sade ini telah menjadi desa wisata di NTB dengan mayoritas masyarakat yang. 322020 Banyaknya bangun tradisonal berupa rumah adat merupakan salah satu bukti dari keunikan ragam budaya tersebut. Lantainya dibangun dengan menggunakan tanah liat batu bata abu jerami getah pohon dan kotoran sapi atau kerbau yang udah dibakar.

Sebutan lain dari Dalam Loka di bahasa Sumbawa ialah Istana Dunia. Jadi Rumah Dalam Loka adalah desain rumah adat asli yang didirkan oleh Raja Sumbawa. Rumah adat NTB berikutnya adalah Bale Lumbung.

Rumah ini sudah menjadi ciri khas rumah adat Nusa Tenggara Barat. Salah satu destinasi wisata sejarah populer di NTB ini masih berdiri kokoh hingga kini yakni rumah adat Dalam Loka adalah bukti sejarah di masa lampau dari kerajaan Sumbawa.

Pin Di Rumah

Desa Adat Bayan Lombok Barat Ntb Gps Wisata Indonesia Pulau Lombok Abad Ke 16 Pedesaan

Desain Rumah Adat Tongkonan Desain Rumah Rumah Desain

21 Gambar Rumah Adat Irian Desain Produk Rumah Ide Dekorasi Rumah

Tugas Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasanya Tugas Sekolah Di 2021 Arsitektur Rumah Indonesia

Mbawa Donggo Bima Ntb Mempertahankan Rumah Adat Di Bima Fakta Menarik Arsitektur Rumah

Pin Di Arcadiadesain Com

Rumah Adat Jambi Di 2021 Home Fashion Rumah Arsitektur

Rumah Betang Rumah Adat Kalimantan Tengah Home Fashion Rumah Arsitektur

Denah Rumah Adat Ntb Rumah Home Fashion Denah Rumah

Nama Dan Gambar Rumah Adat Serta Penjelasannya Rumah Gambar

Pin Di Arsitektur Vernakular

21 Gambar Rumah Adat Timor Rumah Arsitektur Desain Arsitektur

Rumah Adat Sumba Ntb

Home Design And Ideas Rumah Adat Khas Suku Bima Uma Lengge Wawo Arsitektur Vernakular Arsitektur Modern

Hasil Gambar Untuk Pakaian Adat Ntb Pakaian Tari Tarian Kerja Kelompok

Nama Dan Gambar Rumah Adat Serta Penjelasannya Rumah Gambar

Pin Di Indonesian Vernacular Architecture

Home Design And Ideas Kumpulan Rumah Adat Desain Rumah Rumah