Rumah Adat Suku Nias

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Friday, December 18, 2020

Rumah Adat Suku Nias

Rumah Adat Suku Nias. Rumah Limas Palembang 4.

Pin Di Indonesia

Rumah ada Nias ini memiliki bentuk khas dari tradisi nenek moyang yang selalu membuat rumah untuk membantu melindungi dari berbagai ancaman lingkungan luar serta hewan buas.

Rumah adat suku nias. Masyarakat suku Nias memiliki dua rumah adat yang terkenal yaitu Omo Sebua dan Omo Hada. Rumah ini digunakan pada daerah Nias Utara selatan dan tengah. Banyak pakar arsitektur yang menilai bahwa rumah adat tradisional yang dimiliki oleh suku Nias memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nilai atau karya arsitektur yang cukup tinggi.

Terkenal dengan ritual Lompat Batu kebudayaan masyarakat suku Nias ternyata sangat kaya termasuk di dalamnya rumah adat Sumatera Utara dari Pulau Nias. Selain itu terdapat pula rumah adat Nias jenis lain yaitu Omo Sebua yang merupakan rumah tempat kediaman para kepala negeri Tuhenori kepala desa Salawa atau kaum bangsawan. Rumah adat masyarakat Suku Nias ada beberapa jenisnya yaitu Omo Sebua dan Omo Hada.

Pulau Nias merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara yang memiliki destinasi wisata bahari terbaik. Rumah adat nias terdiri dari 2 jenis yaitu omo sebua dan omo hada rumah adat tradisional suku nias memang pada umumnya berbentuk rumah panggung. Sekelilingnya hanya diberi teralis kayu tanpa dinding sehingga setiap orang di luar rumah dapat mengetahui siapa yang berada di dalamnya.

Masyarakat Nias kuno hidup dalam budaya megalitik dibuktikan oleh peninggalan sejarah berupa ukiran pada batu-batu besar yang masih ditemukan di wilayah pedalaman pulau ini sampai sekarang. Namun tiap daerah ini memiliki perbedaan bentuknya. Omo Hada adalah suatu bentuk rumah panggung tradisional orang Nias untuk masyarakat pada umumnya.

Suku Nias memiliki dua jenis rumah adat tradisional yakni oma sebua dan oma hada. Tepatnya di Desa Adat Bawomataluo yang menjadi bukti sejarah leluhur suku Nias salah satunya keberadaan rumah adat. Rumah Bolon Sumatera Utara 2.

Suku batak toba yang memiliki populasi yang cukup banyak dan berada di area danau toba pula samosir sekitar Sibolga dan Baru serta Bukit Barisan. Omo sebua merupakan nama rumah adat salah satu suku di Indonesia ini. Omo sebua dibangun di atas tumpukan kayu ulin yang besar.

Oma sebua merupakan tempat kediaman kepala negeri kepala desa atau kaum bangsawan. Sedangkan Omo Hada memiliki atap berbentuk kerucut. Rumah Tidak Memiliki Jendela.

Nama rumah adat nias. Menurut Zebua desain ini menandakan orang Nias bersikap terbuka jadi siapapun di desa dapat mengetahui acara-acara di dalam rumah terutama yang berkaitan dengan adat dan. Terkenal dengan ritual lompat batu kebudayaan masyarakat suku nias ternyata sangat kaya termasuk di dalamnya rumah adat sumatera utara dari pulau nias.

Rumah-rumah adat di Nias juga tidak memiliki jendela. 4 Rumah adat Sumatera 1. Kamu yang mengunjungi pulau ini wajib hukumnya pergi ke Desa Bawomataluo.

Tampilan khas rumah adat Nias bisa dilihat dari atapnya yang curam dan ketinggian mencapai 16 meter. Pulau Nias bahkan menjadi salah satu surga wisata terbaik bagi wisatawan yang menyukai kekayaan budaya Indonesia. Dengan tiang-tiang kayu ulin yang besar rumah adat Omo Sebua terlihat kokoh berdiri.

Selain berfungsi sebagai rumah perlindungan dari musuh Omo Sebua juga dibangun sangat kuat dan tahan terhadap gempa karena pondasi rumah terbuat dari lempengan batu besar dan balok-balok diagonal. Sebagai contohnya adalah. Pada rumah adat Nias Utara rumah ini memiliki atap loteng yang lebar dan kisi-kisi jendela yang besar sehingga memungkinkan penerangan dan sirkulasi udara yang maksimal.

Rumah adat Nias adalah rumah panggung dalam bahasa Nias disebut Omo Hada merupakan rumah tradional orang Nias pada umumnya seperti yang terdapat di desa Mandrehe Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat masih utuh dan terpelihara namun belum terdaftar sebagai cagar budaya. Rumah ini merupakan rumah tradisional dari masyarakat Suku Nias. Rumah adat tradisional bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk simbol kemegahan arsitektur yang dimiliki oleh suku Nias pada zaman dahulu.

Rumah adat Omo Sebua ini didirikan tanpa paku dan didesain khusus untuk melindungi penghuninya dari serangan lawan saat terjadi peperangan antar suku. Hukum adat tradisional Nias secara umum disebut fondrak. 2102020 Rumah Adat Suku Nias.

Kita lihat bagian atapnya Omo Sebua memiliki bentuk atap yang curam dengan tinggi mencapai 16 meter. Penduduk local biasa menyebutnya sebagai Omo Hada dan Omo Sebua. Masyarakat yang mendiami Pulau Nias punya 2 jenis rumah adat.

Kata Omo adalah bahasa lokal untuk menyebut rumah. RUMAH SUKU NIAS DI DESA MANDRE KECAMATAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT. Rumah adat Omo Sebua ini biasanya dibangun untuk kepala desa dan letaknya berada di pusat desa.

Rumah Gadang Sumatera Barat 3. 3132021 Mengenal Rumah Adat Nias Omo Hada dan Omo Sebua. Bangunan tradisional ini berasal dari Suku Nias yang bermukim di Pulau Nias.

Rumah adat Nias terkenal memiliki konstruksi yang fleksibel dan tahan terhadap guncangan gempa bumi. Lihat saja rumah adat suku Nias Omo Sebua. Bentuknya adalah rumah.

Fakta Unik Rumah Adat Nias. Rumah adat Omo Sebua memiliki atap curam dengan ketinggian 16 meter. Berikut ini beberapa fakta unik tentang rumah adat Nias.

Rumah Bade Banda Aceh Suku Batak dan Rumah adat Batak. Rumah adat Suku Nias disebut sebagai Omo Hada yang dibangun dari tiang-tiang kayu nibung yang besar dan tinggi. Rumah adat Nias bahasa Nias.

Sama halnya dengan kebudayaan suku Bali dan suku-suku lainnya di Indonesia suku Nias juga memiliki rumah adat khas yang disebut sebagai Omahoda. Sementara itu oma hada merupakan rumah tradisional tempat tinggal masyarakat umumnya.

Rumah Adat Teolo Jpg 1000 667 Indonesia Rumah Patung

Traditional House Of Batak Gayo Deret Arsitektur Modern Arsitektur Vernakular Arsitektur

Suku Nias Rumah Adat Bahasa Kepercayaan Marga Asal Usul Baju Adat Alat Musik Budaya

21 Gambar Rumah Adat Maluku Desain Produk Desain Desain Rumah

Rumah Betang Rumah Adat Kalimantan Tengah Home Fashion Rumah Desain Rumah

Gambar Rumah Adat Aceh Indonesia Rumah Arsitektur

Rumah Adat Aceh Perpustakaan Digital Budaya Indonesia Sweet Home Rumah Indonesia

Rumah Banjar Rumah Adat Kalimantan Selatan Arsitektur Vernakular Rumah Kalimantan

Rumah Adat Pakpak Jpg 586 859 Traditional Architecture Vernacular Architecture Indonesian House

Rumah Adat Suku Mentawai Arsitektur Pemandangan Fotografi Pemandangan

30 Gambar Kartun Rumah Adat Sumatera Selatan 35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Download Arsitektur Vernakular Arsitektur Home Fashion

Rumah Adat Wajo Bola Seratue Visit Sulsel Insta Sengkang Wisata Jjs Wajo Jjs Jjs Wajo Rumah Rumah Adat Like4like House Styles House Design House

Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah Gambar Artis

Pin Di Tour In Aceh

Rumah Adat Gayo Rumah Adat Nias Rumah Adat Sulawesi Rumah Indonesian House House Long House

Dsc 4098 Copy Futuristic City Concept Art Bird House

Desain Rumah Adat Suku Dayak Eksterior Desain Desain Rumah

Traditional House In Te Olo Village In Remote Tugala Oyo Sub District North Nias Regency Nias Island Indonesia Photo By Bjorn Sven Indonesia Rumah Interior

In Aceh Where Aceh Clicks Arsitektur Vernakular Arsitektur Gambar