Rumah Adat Tongkonan Dan Keunikannya

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Tuesday, December 8, 2020

Rumah Adat Tongkonan Dan Keunikannya

Semua bagian rumah memiliki interior dan eksterior yang sangat menarik seperti aneka lukisan yang semuanya memiliki makna atau arti yang erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Ragam hias atau ukiran pada Tongkonan merupakan simbol pengharapan agar penghuni rumah dapat hidup dengan baik.

9 Keunikan Rumah Adat Tongkonan Khas Toraja Yang Bikin Terkejut Mantabz

Dan terdapat banyak type tempat tinggal Tongkonan dengan manfaatnya semasing.

Rumah adat tongkonan dan keunikannya. 11 juni 2016 08 56 2987 1 1 mohon tunggu. Keunikan rumah adat tongkonan tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. Rumah tradisional yang ada di provinsi Sulawesi Selatan Sulsel merupakan salah satu keajaiban dunia yang jadi legenda.

Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. 17 Mei 2016 0911 Diperbarui. Rumah Adat Tongkonan Dari Provinsi February 13 2021 0 Comment Ciri khas rumah adat ini adalah ukurannya yang besar sebab rumah adat ini tidak dipakai sebagai tempat tinggal saja melainkan untuk musyawarah dan acara.

Rumah adat Sulawesi Selatan dari Suku Luwuk bernama Langkanae. Yang menarik adalah bagi masyarakat Toraja rumah tongkonan bukan hanya sekadar tempat tinggal dan bernaung tapi mereka menganggap rumah tersebut adalah ibu. Dulu istilah ini muncul karena fungsi utama rumah ini sering dijadikan sebagaii tempat berkumpulnya para raja dan bangsawan.

Banua rumah Tongkonan berarti adat tempat bermusyawarah membicarakan sesuatu yang berkaitan dengan peran dan fungsinya dalam wilayah adat. Rumah adat tongkonan berasal dari Tana Toraja Sulawesi Selatan. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam.

Mengingat provinsi di Indonesia juga banyak. Nama tongkonan diberikan atas saran ketua adat dan penelusuran dari pasangan nama tersebut sebelum dibangun. Bangunan Tongkonan bukan sekedar rumah adat bukan sekedar rumah keluarga besar tempat orang memelihara persekutuan kaum kerabat.

Rumah adat tambi merupakan rumah panggung dari kayu bonati yang memiliki bentuk segitiga piramida. Rumah Dulohupa Rumah Adat Gorontalo. Jadi tongkonan adalah tempat tinggal penguasa adat sebagai tempat berkumpul dari Tana Toraja Sulawesi Selatan.

Rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Apabila sepasang suami istri membangun rumah pada prinsipnya sebuah Tongkonan telah lahir walupun tidak dengan sendirinya setiap rumah harus menjadi Tongkonan. Konstruksi rumah adat Tongkonan terbuat dari kayu tanpa menggunakan unsur logam seperti paku.

Ada banyak keunikan rumah adat Tongkonan namun kami hanya mampu menyajikan beberapa saja. Tongkonan terbentuk berdasarkan hubungan kekerabatan atau keturunan. Rumah adat tambi merupakan rumah suku Kaili dan suku Lore.

Tongkonan atau rumah adat Toraja selalu berbentuk segi empat ukuran panjang dan lebar telah disebut di atas. Mempunyai bentuk atap yang mirip dengan perahu yang dibuat dari susunan bambu. Tongkonan berawal dari kata tongkon yang artinya duduk.

Rumah adat sendiri pada dasarnya adalah hunian yang menjadi ciri khas suatu suku hingga sekarang memang secara perlahan banyak diantara rumah adat yang mulai menghilang karena masyarakat sendiri lebih memilih untuk membuat bangunan atau hunian baru yang lebih modern dan pastinya juga lebih kuat dibandingkan dengan rumah adat. Masyarakat Toraja punya rumah adat yang biasa disebut dengan Rumah Tongkonan. Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang baik kita wajib untuk melestarikannya sampai kapan pun juga.

Rumah adat di Indonesia. Tempat tinggal itu terbagi dalam Tongkonan Layuk Tongkonan Pekaindoran serta yang paling akhir yakni. Bagian paling atas berbentuk segi tiga.

Rumah adat di indonesia. Keunikan Rumah Tongkonan Rumah Adat di Indonesia. Rumah Adat Sulawesi Selatan Rumah Tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku Toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat Sulawesi Selatan.

Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Bagian tengah disebut indo. Jika dilihat memang bentuk rumah tongkonan sangat berbeda dan unik.

Dan tentu saja keunikan ini berbeda dengan keunikan rumah adat tongkonan. Pembagian Ruangan Rumah Adat Tongkonan Rumah tongkonan terbagi menjadi tiga bagian rumah yaitu bagian utara bagian tengah dan bagian selatan. Ada yang mengatakan bentuknya seperti perahu telungkup atau tanduk kerbau.

11 Juni 2016 0856 2987 1 1 Mohon Tunggu. Uniknya setiap bangunan Rumah Tongkonan di bagian depan pasti memiliki deretan tanduk kerbau yang dijadikan sebagai status sosial dari tuan rumah. Asal dan Keunikan Rumah Adat Tambi Di Sulawesi ada rumah adat tambi yang berasal dari provinsi Sulawesi Tengah.

Istilah Tongkonan berasal dari kata tongkon yang berarti tempat duduk atau menduduki. Rumah Adat Papua Oleh Ibu Asra Diposting pada 12022021 12022021 Salah satu rumah adat yang terkenal di Papua ialah rumah adat Honai karena bentuknya yang unik menyerupai jamur. Rumah adat ini memiliki ukuran dan bentuk yang cukup besar.

Keunikan rumah adat Suku Luwuk adalah jumlah tiang kayunya yang berjumlah 88 buah. Rumah adat Sulawesi Selatan dari Suku Luwuk menurut sejarahnya adalah tempat tinggal dari Raja atau Bangsawan Suku Luwuk. Rumah ini juga merupakan ikon dari Toraja.

Rumah Tongkonan terbagi menjadi beberapa bagian. Rumah Adat Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki keragaman budaya seperti pakaian upacara adat senjata hingga rumah adatBudaya di negara ini sangatlah banyak. Itu mengapa budaya yang muncul di setiap daerah pun juga berbeda-beda.

Tongkonan artinya tempat duduk. Mengenal Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para Raja Sulawesi Selatan yang Sarat Makna By Elmi Rahmatika 28 Juli 2020 8930 7 menit Berkunjung ke Toraja tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi ikon budaya terkenal di sini yaitu rumah adat Tongkonan.

10 Keunikan Rumah Adat Tongkonan Khas Tana Toraja Sulawesi Tengah

Intip Keunikan Dari Rumah Adat Tongkonan Verdant

7rjbytj9aryfom

Keunikan Rumah Tongkonan Rumah Adat Di Indonesia Kompasiana Com

Ringkasan Tentang Rumah Adat Tradisional Tongkonan Yang Keren Mantabz

Beberapa Keunikan Rumah Adat Di Indonesia Halaman All Kompas Com

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari Provinsi Model Rumah Minimalis 2020

10 Keunikan Rumah Adat Tongkonan Khas Tana Toraja Sulawesi Tengah 6 Kontraktor Jogja

10 Keunikan Rumah Adat Tongkonan Khas Tana Toraja Sulawesi Tengah 10 Kontraktor Jogja

35 Contoh Rumah Adat Toraja Terbaik Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Fakta Dan Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para Raja

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna Kumparan Com

Rumah Tongkonan Toraja Yang Unik Dan Penuh Makna Rumah Com

U87k7gxh Gaoym

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

40 Bentuk Rumah Adat Tongkonan Terbaru Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para Raja Yang Sarat Makna

Di Balik Bentuk Yang Unik Ini Makna Dan Fungsi Rumah Tongkonan

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Dan Beragam Keunikanya