Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Friday, December 18, 2020

Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan

Rumah adat Sulawesi Selatan yang pertama berasal dari Suku Toraja dan diberi nama Tongkonan. Keunikkannya pun tak hanya memukau wisatawan domestic tapi juga.

Pin Di Rumah Adat

Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya Lengkap Filosofi 3 Pakaian Adat Betawi Pernikahan Salah Satunya.

Rumah adat tongkonan sulawesi selatan. Desainnya berupa rumah panggung yang disokong oleh tumpukan kayu dengan ukiran berwarna merah kuning dan hitam. Rumah adat Sulawesi Selatan yang satu ini wajib menghadap ke arah utara. Itulah yang didapati ketika mengunjungi Desa Adat Kete Kesu di Toraja Utara Sulawesi Selatan.

Tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu dengan ukiran warna merah hitam serta kuning. Tempat tinggal Tongkonan ini yaitu tempat tinggal kebiasaan khas Tana Toraja. Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja dinamakan tongkonan.

Rumah adat Sulawesi Selatan ini juga memiliki banyak hiasan yang berpola flora fauna dan juga corak alam sehingga semakin menambah keindahan rumah adat yang satu ini. Fungsi rumah adat tersebut sebagai tempat tinggal dan tempat upacara adat masyarakat di Tana Toraja. Konon bentuknya yang seperti perahu digunakan sebagai pengingat jika leluhur Tana Toraja memakai perahu untuk sampai di Sulawesi.

Rumah adat suku Toraja biasa disebut dengan tongkonan. Tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada Tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah hitam dan kuning. Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu.

Salah satunya adalah rumah adat Tongkonan. Tongkonan adalah rumah adat orang Toraja yang merupakan tempat tinggal kekuasaan adat dan perkembangan kehidupan sosial budaya orang Toraja. Dan dibawah ini adalah tentang rumah adat toraja dan penjelasannya.

Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. Rumah Adat Sulawesi Selatan 1. Tongkonan melambangkan hubungan dengan leluhur mereka sehingga rumah ini dipakai sebagai pusat spiritual mereka.

Dikutip dari buku Injil dan Tongkonan. Rumah adat Tongkonan adalah rumah adat Sulawesi Selatan yang mempunyai bentuk unik menyerupai wujud perahu dari kerajaan Cina pada jaman dahulu. Tidak sekadar memiliki nilai aestetik yang unik namun rumah panggung khas provinsi Sulawesi Selatan dikenal dengan nilai fungsionalnya atau manfaat.

Mekanika sistem struktur membentuk suatu sistem estetika arsitektural. Arsitektur tongkonan dikenal dengan bentuknya yang khas melalui struktur bawah tengah dan atas yang memiliki keindahan estetika struktur dan konstruksinya. Sama seperti rumah adat Sulawesi Selatan lainnya tongkonan juga berbentuk rumah.

Dari 4 jenis lainnya Tongkonan menjadi yang paling populer dan terkenal. Kerbau sebagai binatang yang sering disembelih dalam upacara-upacara adat masyarakat Toraja bagian badannya juga dipergunakan untuk ornamen. Tongkonan Rumah Adat Sulawesi Selatan - Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan.

Tongkonan adalah rumah adat yang berasal dari Suku Toraja. Wilayah ini memang sudah lama memiliki beragam tradisi dan warisan budaya unik sejak dulu. Rumah adat Sulawesi Selatan terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu uru sehingga mampu bertahan hingga puluhan sampai ratusan tahun.

Rumah Adat Bola Jika sao roja merupakan tempat tinggal bagi keturunan bangsawan atau kaum bangsawan maka rumah adat bola ini berarti rumah biasa yang menjadi tempat tinggal. Akan tetapi ada yang khas dari rumah adat tongkonan ini. Baik dari bentuk dekorasi rumah maupun posisi rumah selalu memiliki nilai maupun filosofi yang sangat kuat berdasarkan budaya setempat.

Rumah itu dibangun sejak ratusan tahun yang lalu oleh leluhur Toraja sehingga tidak mengherankan jika atap rumah Tongkonan yang terbuat dari bambu ini banyak ditumbuhi tanaman. Sekilas rumah adat tongkonan ini mirip dengan rumah gadang dari Sumatera Barat. Rumah adat tongkonan juga kerap kali disebut-sebut mirip dengan rumah gadang dari daerah Sumatera Barat.

Sebab arah utara adalah tempat berkumpul dengan para leluhur nantinya. Tongkonan adalah rumah adat orang Toraja yang merupakan sebagai tempat tinggal kekuasaan adat dan perkembangan kehidupan sosial budaya orang Toraja. Yang menarik adalah bagi masyarakat Toraja rumah tongkonan bukan hanya sekadar tempat tinggal dan bernaung tapi mereka menganggap rumah tersebut adalah ibu.

Lantaran kita bakal mengulas tentang ruman Tongkonan yang letaknya ada di Sulawesi Selatan tepatnya di Tana Toraja. Filosofi Tongkonan rumah adat Sulawesi Selatan dengan nilai budaya yang sangat tinggi Sebagai salah satu jenis rumah adat pembangunan Tongkonan harus dipertimbangkan dengan sangat cermat. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam.

Rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Rumah adat Tongkonan berasal dari kayu bernama uru yang mana bisa ditemui di Sulawesi karena banyak tumbuh di sanaMenariknya rumah ini terlihat ikonik dengan atap yang menyerupai perahu. Toraja merupakan sebuah kabupaten yang letaknya di bagian selatan pulau Sulawesi.

Budaya dan tradisi tersebut merupakan warisan dari raja-raja disana yang ttap menjaga kemurniannya hingga kini. Rumah tongkonan terbagi menjadi tiga bagian rumah yaitu bagian utara bagian tengah dan bagian selatan. Rumah adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan memiliki beberapa ornamen hiasan yang dibagi ke dalam beberapa macam ornamen berikut diantaranya.

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat TorajaAtapnya melengkung menyerupai perahu atau tanduk. Penjelasan singkat rumah adat Tongkonan asal daerah Toraja Sulawesi Selatan. Pembagian Ruangan Rumah Adat Tongkonan.

Material yang digunakan untuk membangun Rumah Tongkonan adalah kayu uru yang mudah didapatkan di Sulawesi Selatan. Inkarnasi kontekstualisasi transformasi 2008 karya Theodorus Kobong Tongkonan. Rumah Adat Sulawesi Selatan Rumah Tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku Toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat Sulawesi Selatan.

Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Nah di artikel kali ini kami akan mengulas keunikan. Rumah Adat Sulawesi Selatan Tongkonan Sumber.

Deretan rumah adat berhadapan dengan lumbung alang. Untuk kamu yang menginginkan lebih mengetahui kebudayaan dan kekhasan daerah di Indonesia jadi pas sekali jika anda memerhatikan artikel ini. Ada aturan yang harus ditaati saat sedang membangun tongkonan.

Rumah Tongkonan Rumah Adat Sulawesi Selatan Tempat Liburan Arsitektur Rumah Impian

Rumah Adat Tana Toraja Arsitektur Indonesia Arsitektur Vernakular Indonesia Arsitektur

Pin Op Kebudayaan

Sulawesi Tana Toraja Tongkonan Ceremonial Rice Barn With Buffalo Horns Sulawesi Traditional Building Indonesia

Tongkonan Inilah Rumah Adat Tertua Di Toraja Indonesia Tanah

Desain Rumah Adat Tongkonan Desain Rumah Desain Rumah

24 Gambar Kartun Rumah Adat Sulawesi Selatan 40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam Download Rumah Adat Docx Document Gambar Arsitektur Indonesia

Rumah Adat Tongkonan Suku Toraja Rumah Adat Sulawesi Selatan Sulsel Arsitektur Arsitektur Vernakular Rumah

Tongkonan Is The Traditional Ancestral House Or Rumah Adat Of The Torajan People In Sulawesi Tropical Architecture Architecture Old Traditional Architecture

Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah Gambar Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Mandailing Desain Produk Home Fashion Dekorasi Interior

Tongkonan Rumah Adat Masyarakat Toraja Sulawesi Selatan Arsitektur Vernakular Arsitektur Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah Arsitektur Gambar

Bangunan Yang Terinspirasi Dari Rumah Adat Tongkonan Sumber Archira Arsitektur Arsitektur Interior Rumah Pedesaan

Tongkonan Rumah Tradisional Dari Tana Toraja Indonesia Rumah Budaya

Rumah Adat Tongkonan Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

Mengenal Bagian Bagian Tongkonan Rumah Adat Toraja All About Toraja Desain Arsitektur Gambar Rumah

Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Sulawesi Selatan Indonesia Tanah Indonesia Rumah