Nama Rumah Adat Makassar

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Thursday, November 26, 2020

Nama Rumah Adat Makassar

Dego-dego atau teras yaitu ruangan kecil di dekat tangga sebelum masuk ke dalam rumah biasanya digunakan tamu untuk mengunggu pemilik rumah keluar. Rumah Adat Suku Makassar Suku Makassar menyebut rumah adat mereka Balla.

Pin Di Rumah Adat

Rumah ini ditopang dengan beberapa tiang kayu yang tersusun rapi.

Nama rumah adat makassar. Jenis Rumah Adat Suku Makassar. Maka dalam bahasa Makassar Rumah Adat diatas disebut dengan sebutan Balla Red. Kenaekaragaman suku bangsa bahasa daerah dan adat kebiasaan merupakan bagian dari kekayaan budaya Indoensia.

Kalau rumah jenis Tukak tangganya tidak dianyam melainkan terbuat dari kayu. Rumah ini disangga menggunakan kayu yakni lima kayu penyangga ke arah belakang dan lima kayu penyangga ke arah samping. Rumah Adat Suku Makassar Jika dilihat dari kategori maka rumah adat Sulawesi Selatan ini masuk dalam jenis rumah panggung yang memiliki tinggi 3 meter dari permukaan tanah.

Rumah jenis Sapana ini biasanya dimiliki oleh para bangsawan. Rumah Adat Suku Makassar. Nama rumah adat untuk suku-suku di Sulawesi Selatan sebenarnya tidak ada yang spesifik.

Rumah adat Suku Makassar yang mana Masyarakat Makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan Balla. Rumah adat yang satu ini memiliki panggung yang cukup tinggi yakni sekita 3 meter dengan peyangga bagian belakang dan samping masing-masing berjumlah 5. Rumah Adat Sulawesi Selatan Makassar adalah ibukota Sulawesi Selatan salah satu provinsi yang telah dihuni manusia sejak puluhan ribu tahun silam.

Nama rumah adat makassar. Pada kesempatan kali ini pengajarcoid ingin membagikan artikel tentang Rumah Adat Sulawesi Selatan berikut ulasannya. Rumah tersebut disangga dengan kayu yang jumlahnya 5 penyangga ke arah belakang serta 5 penyangga ke arah samping.

Pembagian ruangan pada rumah adat Makassar meliputi. Itu sebenarnya bukan nama rumah adatnya tapi bahasa daerah untuk rumah. Berbentuk panggung setinggi tiga meter rumah ini disangga beberapa kayu besar yang saling melintang.

Rumah ini berbentuk segi empat dengan tiang penyangga ke arah belakang dan terdapat pula 5 tiang penyangga ke arah samping. Rumah suku Makassar berbentuk seperti panggung yang biasanya memiliki tinggin 3 meter dari tanah. Kerbau sebagai binatang yang sering disembelih dalam upacara-upacara adat masyarakat Toraja bagian badannya juga dipergunakan untuk ornamen.

Dalam buku Rumah Adat di Indonesia 2010 oleh DC Tyas tiap-tiap suku bangsa memiliki kebudayan yang berbeda-beda mulai dari pakaian seni tari upacara musik. Rumah Sapana memiliki tiga atau lebih anak tangga dan dianyam. Rumah adat Bugis Makassar biasanya memiliki kolong-kolong sehingga dikenal dengan nama Rumah Panggung.

Kawasan ini diperkirakan telah dihuni manusia sejak 30000 tahun yang lalu. Atap rumah ini berbentuk pelana yang berujung lancip yang menghadap ke bawah. Suku makasar menyebutnya sebagai Balla.

Kale Balla atau badan rumah yang terdiri dari paddaserang atau ruangan. Oleh Pak Alex Diposting pada Januari 17 2021. Rumah Adat Suku Makassar Masyarakat suku makassar biasa menyebut rumah dengan sebutan balla.

Nama rumah adat Sulawesi Selatan yang selanjutnya yaitu rumah adat Makassar. Rumah adat disana berbentuk panggung dengan tinggi tiga meter dari permukaan tanah yang disangga oleh lima buah penyangga kayu ke arah belakang dan lima buah penyangga kayu ke arah samping. Misalnya suku Makassar menyebut rumah dengan balla dan orang Bugis menyebutnya Bola.

Rumah Adat Suku Makassar Jika dikategorikan sesuai dengan desainnya rumah adat suku Makassar merupakan rumah panggung dengan tinggi 3 meter dari tanah. Rumah suku Makassar berbentuk panggung yang tingginya 3 meter dari tanah. Rumah Adat Suku Makassar Rumah adat Suku Makassar berbeda dengan.

Nama rumah adat suku makassar. Rumah adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan memiliki beberapa ornamen hiasan yang dibagi ke dalam beberapa macam ornamen berikut diantaranya. Rumah adat Bugis merupakan bangunan khas Suku Bugis yang juga bagian dari suku-suku Melayu Deutro.

Di sampingnya terdapat tambing atau lorong namun letaknya lebih rendah. Masyarakat Makassar menyebut rumah dengan sebutan Balla. Rumah ini disangga dengan 5 kayu penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga lainnya ke arah samping.

Nama Bugis sendiri berasal dari kata ugi yang merujuk pada La Sattumpugi nama raja dari Cina yang berkuasa di daerah Pammana Kabupaten Wajo. Rumah ini ditopang oleh tiang-tiang kayu yang berjejer secara rapih. Dari bentuknya rumah adat suku Makassar ini seperti rumah panggung yang tingginya bisa mencapai 3 meter dari permukaan tanah.

Rumah Adat Makassar - Daeng Celebes Tiap Rumah adat tentu memiliki Nama atau julukan untuk mempermudah membedakan satu sama lain seperti yang dibahas diatas bahwa Indonesia memiliki beragam suku. Rumah adat Suku Makassar masyarakat Makassar menyebut rumah adat ini dengan nama Balla. Tinggi rumah adat Suku Makassar atau Balla ini biasanya sekitar tiga meter di atas tanah.

Foto rumah adat suku Toraja atau rumah Tongkonan dan keterangannya seringkali kita jumpai di berbagai media. Rumah adat Suku Makassar berbeda dengan suku lainnya. Rumah Adat Sulawesi Selatan 1.

Rumah Adat Sulawesi Selatan. Rumah adat suku Toraja dikenal dengan nama Tongkonan. Nama bugis sendiri berasal dari kata ugi yang merujuk pada la sattumpugi nama raja dari cina yang berkuasa di daerah pammana kabupaten wajo.

Bukantrik Com Arsitektur Home Fashion Rumah

Bugis Makassar Indonesia Arsitektur Makassar Rumah

Rumah Adat Traditional House Of Aceh Arsitektur Vernakular Arsitektur Home Fashion

Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambar Penjelasannya Rumah Rumah Bangsawan Langit Langit

Rumah Adat Panggung Jambi Traditional House House Design Architect Design

Rumah Adat Los Palos Dili East Timor East Timor Architect Design Vernacular Architecture

Paling Bagus 24 Gambar Rumah Adat Joglo Gambar Rumah Adat Jawa Tengah Atau Yang Disebut Dengan Joglo Ini Pun Memilik Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

21 Gambar Rumah Adat Panjang Di 2020 Home Fashion Rumah Desain Rumah

Rumah Adat Nusantara Blog Sauted Arsitektur Vernakular Rumah Arsitektur

Gambar Rumah Adat Batak Sumatera Utara Yang Bagus Rumah Indonesia Arsitektur

This Is Indonesia Januari 2012 Makassar Rumah Arsitektur

Gambar Dan Nama Rumah Adat Dari 33 Provinsi Di Indonesia Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Bukantrik Com Nbspthis Website Is For Sale Nbspbukantrik Resources And Information Home Fashion Rumah Arsitektur

Gema Budaya Mengenali Rumah Adat Bugis Makassar Arsitektur Vernakular Rumah Desain Rumah

Mengunjungi Rumah Adat Suku Tidung Di Tarakan Arsitektur Rumah Indonesia

Pin Di Beautiful Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Khas Rumah Adat Bugis Arsitektur Rumah Interior

24 Nama Nama Rumah Adat Di Seluruh Indonesia Ruana Sagita Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

Rumah Adat Bangka Belitung Dan Penjelasannya Terlengkap Di 2020 Pulau Belitung Arsitektur Rumah