Rumah Adat Tongkonan

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Thursday, November 26, 2020

Rumah Adat Tongkonan

622020 Rumah Adat Bolon merupakan rumah khas suku Batak yang mana berasal dari Sumatra Utara. Yang pasti dalam setiap rumah ini masih keluarga sehingga memiliki hubungan darah.

Rumah Tongkonan Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan Rumah Sketsa Arsitektur Indonesia

Dulunya memang rumah adat ini hanya dipakai sebagai tempat untuk duduk atau berkumpulnya para bangsawan di Tanah Toraja.

Rumah adat tongkonan. Wilayah ini memang sudah lama memiliki beragam tradisi dan warisan budaya unik sejak dulu. Rumah Dulohupa Rumah Adat Gorontalo. Dasar Tongkonan adalah setiap pasangan suami istri harus membangun rumah.

Dulu tongkonan digunakan untuk tempat berkumpul para bangsawan Tana Toraja untuk bermusyawarah dan berdiskusi namun sekarang umumnya rumah Tongkonan berfungsi sebagai tempat jasad keluarga masyarakat Toraja disemayamkan. Berasal dari kata tongkon yang berarti duduk tongkonan memiliki fungsi utama sebagai tempat berkumpul. Peletakan keduanya pun mengikuti kaidah adat.

4162019 Rumah adat tongkonan memiliki fungsi sebagai rumah tinggal. Bangunan yang disusun dari kayu ini memegang peranan yang sangat penting secara spiritual dan sosial. Pasangan Tongkonan secara horizontal ialah alang.

Beberapa nama raja tersebut adalah Raja Nagaraja Raja Atian Raja Mogam dan lainnya. Semakin banyak tanduk yang terpasang di depan tongkonan semakin tinggi pula status sosial keluarga pemilik rumah tongkonan tersebut. 8232020 Beberapa jenis rumah adat Tongkonan antara lain.

482011 Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Tonkonan rumah ada Toraja. Salah satu rumah adat yang cukup populer yang adang di Indonesia adalah rumah adat Tongkonan yang berasal Toraja dengan bentuk rumahnya yang unik dan tampilannya yang menarik. Setiap upacara adat di Toraja seperti pemakaman akan mengorbankan kerbau dalam jumlah yang banyak.

Hal ini bisa dilihat pada bagian dingingnya yang terbuat dari tanah liat dengan diberi sentuhan ornamen ukuran dinding yang khas dengan kombinasi empat warna yang berbeda seperti warna merah putih hitam dan juga kuning. Ukiran dan hiasan tak sekadar elok dipandang mata tapi menyimpan banyak cerita dan pesan untuk generasi yang ditinggalkan. Itulah mengapa bangunan adat Tongkonan selalu dilengkapi dengan alang lumbung padi yang menghadap ke rumah Tongkonan.

Namun rumah ini dihuni oleh beberapa keluarga dalam satu tempat sehingga terkadang dalam satu rumah ada empat puluh orang atau lebih. 12162020 Gambar Rumah Adat Tongkonan Rumah Adat Toraja dengan Arsitektur Yang Khas. Budaya dan tradisi tersebut merupakan warisan dari raja-raja disana yang ttap menjaga kemurniannya hingga kini.

Selain menarik rumah adat Tongkonan kaya akan fungsi dan makna serta memiliki nilai filosfis. Tongkonan sendiri berasal dari kata Tongkon yang berarti menduduki atau tempat duduk. Toraja merupakan sebuah kabupaten yang letaknya di bagian selatan pulau Sulawesi.

Salah satunya adalah rumah adat Tongkonan. Hal ini disebabkan karena Tongkonan ini berfungsi sebagai bagian dari kontrol sosial maupun keagamaan. Tongkonan Layuk atau Tongkonan Pesio Aluk merupakan Tongkonan dengan makna Maha Tinggi atau Agung.

Tongkonan merupakan rumah adat yang terbuat dari kayu uru. Desain rumah adat Tongkonan ini juga memiliki keunikan pada kontruksi bagian dindingnya yang sangat mempetimbangkan aspek estetika keindahan. Tongkonan adalah rumah adat dengan ciri rumah panggung dari kayu dimana kolong di bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau.

Alang berdiri di sebelah utara Tongkonan. Dulunya rumah adat Sumatera Utara merupakan tempat tinggal 13 raja yang berdomisili di Sumatra Utara. Yakni Banua Tongkonan atau rumah adat dan Banua Barung-Barung yaitu rumah pribadi dan rumah biasa.

Tongkonan menghadap ke utara sedangkan alang menghadap ke selatan. Bagian Tongkonan yang paling terlihat mencolok adalah atapnya yang berbentuk. Bahan utamanya terbuat dari lembaran papan dan batang kayu.

Nama tersebut berasal dari kata tongkon yang artinya menduduki atau tempat duduk. Atapnya rumah tongkonan dilapisi ijuk hitam dan bentuknya melengkung persis seperti perahu telungkup dengan buritan. Tongkonan bukan cuma rumah adat.

Tongkonan merupakan rumah panggung yang berbentuk persegi panjang. Rumah adat Tongkonan memang salah satu yang cukup unik baik itu dari segi bentuk sampai dengan fungsinya berasal dari kata Tongkon yang artinya sendiri adalah menduduki atau juga dapat diartikan sebagai tempat duduk. Ada juga yang mengatakan bentuknya seperti tanduk kerbau.

Ditinjau dari arti harfiahnya tonkonan bahasa Toraja berarti duduk makna leksikalnya yakni rumah tongkonan itu ditempati untuk mendengarkan serta tempat duduk untuk membicarakan dan menyelesaikan segala persoalan. Aluk yang menyangkut pembangunan rumah yaitu upacara penahbisannya juga sudah ditentukan di langit. Rumah adat Toraja disebut rumah Tongkonan.

Model asli Tongkonan dibuat di langit ketiak Puang Matua dengan bantuan Pande Manarang dan Pande Paliuk membuat rumah dari besi di pusat langit. Tanduk kerbau kemudian dipasang pada tongkonan milik keluarga bersangkutan. Ada beberapa jenis yang dimiliki oleh rumah tradisional Sumut ini.

Pohon uru memang banyak tumbuh di Sulawesi. Disebut seperti itu karena pada awalnya rumah adat ini dijadikan sebagai tempat berkumpul para bangsawan Tana Toraja untuk berdiskusi.

Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah Gambar Artis

Rumah Adat Tongkonan Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

Pin Oleh Nina Smith Di Sulawesi Indonesia

Download Gambar Rumah Adat Toraja Tongkonan Houses Traditional Torajan Buildings Tana Toraja Rumah Adat Download Free 3d Gambar Gambar Bergerak Pemandangan

Desain Rumah Adat Tongkonan Desain Rumah Desain Rumah

Rumah Tongkonan Bukan Hanya Sekedar Berfungsi Sebagai Rumah Adat Dalam Budaya Mereka Masyarakat Toraja Menganggap Rumah Tongkonan Seb House Styles Tana House

Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Sulawesi Selatan Indonesia Tanah Indonesia Rumah

Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Indonesian Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Mengenal Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Desain Arsitektur Gambar Rumah

Rumah Adat Tana Toraja Arsitektur Indonesia Arsitektur Vernakular Indonesia Gambar Kartun

Rumah Tongkonan Indonesia Rumah Gambar

Rumah Adat Tongkonan Tanah Toraja Indonesian Indonesia Rumah Tanah

24 Gambar Kartun Rumah Adat Sulawesi Selatan 40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam Download Rumah Adat Docx Docum Arsitektur Gambar Gambar Kartun

Rumah Adat Toraja Architecture Traditional House Japanese House

Pin By Runaway Banana On Bali Celenes Vernacular Architecture Architecture House Traditional Architecture

Rumah Adat Tongkonan Suku Toraja Rumah Adat Sulawesi Selatan Sulsel Arsitektur Arsitektur Vernakular Rumah

Tongkonan Is The Traditional Ancestral House Or Rumah Adat Of The Torajan People In Sulawesi Tropical Architecture Traditional Architecture Architecture Old

Bangunan Yang Terinspirasi Dari Rumah Adat Tongkonan Sumber Archira Arsitektur Arsitektur Interior Rumah Pedesaan