Rumah Adat Kepulauan Riau Selaso Jatuh Kembar

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Tuesday, December 8, 2020

Rumah Adat Kepulauan Riau Selaso Jatuh Kembar

Rumah tradisional Kepulauan Riau sama dengan rumah tradisional Riau yaitu Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar. Ciri khas rumah adat ini adalah memiliki kolong atau yang biasa kita sebut dengan rumah panggung.

Pin Di Ebookanak Com

Sebenarnya rumah adat Selaso Jatuh kembar bukanlah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal melainkan sebagai balai atau tempat pertemuan.

Rumah adat kepulauan riau selaso jatuh kembar. Uniknya rumah tradisional ini memiliki bentuk hampir mirip dengan bentuk Balai Salaso. Rumah adat Selaso Jatuh Kembar merupakan rumah adat dari Provinsi Riau. Rumah Selaso Jatuh Kembar via wacanco.

Oleh karena itu ukurannya pasti dibuat cukup besar untuk dapat menampung beberapa orang di dalamnya. Bentuk Selaso Jatuh Kembar adalah rumah panggung. Seperti hal daerah-daerah di Indonesia Riau yang ibu kotanya di Pekanbaru memiliki kebudayaan dan adat istiadat salah satunya rumah adat.

Rumah Adat Kepulauan Riau Salaso Jatuh Kembar. Rumah adat Selaso Jatuh Kembar adalah rumah adat khas Riau yang berupa balai selaso jatuh. Balai atau rumah adat ini difungsikan sebagai tempat berkegiatan bersama sebagai tempat pertemuan tetapi tidak digunakan sebagai tempat tinggal pribadi.

Kemudian Rumah Selaso Jatuh Kembar dipopulerkan dan ditetapkan oleh Gubernur Riau Imam Munandar sebagai Rumah Adat kebudayaan masyarakat Riau. Rumah adat ini begitu unik dan megah. Istilah Selaso Jatuh Kembar memiliki arti yaitu rumah dengan dua selasar.

Kendati bukan untuk rumah tinggal tetapi rumah ini tetap terbagi beberapa ruangan. Rumah adat Riau bernama Rumah Selaso Jatuh Kembar. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar dikenal juga dengan sebutan balai penobatan balirung sari balai karapatan dan sebagainya.

R umah adat selaso jatuh kembar merupakan rumah adat resmi provinsi Riau yang diperkenalkan dan diresmikan oleh Gubernur Riau Imam Munandar sebagai rumah adat penduduk Riau. Penamaan selaso jatuh kembar diberikan karena jumlah selasar selaso pada rumah ini yang lebih dari satu salaso. Fungsi rumah adat ini di zaman modern sudah berubah yaitu menjadi masjid atau menjadi rumah petinggi warga Riau yang ada di suatu wilayah.

Rumah tradisional Riau ini berbentuk panggung memiliki dua selasar sesuai dengan arti makan Selaso Jatuh Kembar. Rumah Selaso Jatuh Kembar adalah sejenis bangunan berbentuk rumah dilingkupi dinding berpintu dan jendela tapi fungsinya bukan untuk tempat tinggal melainkan untuk musyawarah atau rapat secara adat karena tidak memiliki serambi atau kamar. Masyarakat Melayu Riau sering menyebut rumah ini dengan Balai Selaso Jatuh.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai sejarah arsitektur filosofi dan gambar dari rumah adat yang berasal dari budaya suku Melayu tersebut. Tingginya sekitar 15 meter dan pada zaman dulu ditopang oleh tiang kayu sebagai penyangga. Rumah ini dibangun dengan mengadaptasi rumah adat Riau Selaso Jatuh Kembar.

Rumah Balai Megah ini dibangun dengan ukuran besar. Desain rumah ini mengadaptasi gaya arsitektur Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar dengan konstruksi rumah panggungnya dan bentuk atapnya yang tinggi. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar merupakan jenis Rumah Adat Riau yang digunakan sebagai balai masyarakat.

Ukuran tiangnya dibuat cukup tinggi sehingga membuatnya semakin megah dan mengagumkan. Rumah Selaso Jatuh Kembar ini juga menjadi ikon dan simbol untuk Provinsi Riau sendiri. Salah satunya adalah rumah adat Selaso Jatuh Kembar.

Selaso Jatuh Kembar merupakan rumah panggung dengan bangunan yang sangat besar dan berlantai lebih dari satu. Fungsinya sama-sama bukan untuk tempat tinggal melainkan tempat musyawarah ataupun rapat untuk kepentingan warga. Di rumah ini masyarakat melaksanakan berbagai acara seperti musyawarah penobatan kepala adat hingga upacara-upacara adat.

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar digunakan atau difungsikan sebagai tempat berkegiatan bersama seperti sebagai tempat pertemuan dan rumah ini tidak digunakan sebagai tempat tinggal pribadi. Warna kayu alami digunakan sebagai warna rumah dipadukan dengan sentuhan warna kuning cerah. Rumah adat melayu selaso jatuh kembar merupakan rumah adat yang berasa dari provinsi Kepulauan Riau.

Ujung atas bangunan rumah ini melengkung ke atas dan sering disebut dengan lipat kejang atau pohon jerambah oleh masyarakat sekitar. Jenis rumah adat ini biasanya tidak digunakan sebagai tempat tinggal melainkan untuk kegiatan kemasyarakatan dan dikenal dengan sebutan Balai. Masyarakat Riau juga menyebut rumah adat ini dengan sebutan balai salaso Jatuh.

Riau memiliki beberapa rumah adat yang dapat diklasifikan berdasarkan desain atapnya dan daerahnya. Segala kegiatan dilakukan di rumah ini. Disebut dengan lipat kajang karena atap rumah ini memiliki bentuk menyerupai bentuk perahu.

Rumah adat Indonesia yang berasal dari Riau bernama Selaso Jatuh Kembar. Dahulu rumah adat ini berfungsi sebagai balai pertemuan adat. Rumah Selaso Jatuh Kembar adalah rumah adat khas Daerah Riau yang berupa balai selaso jatuh.

Selasar yang lebih rendah digunakan untuk berkumpul keluarga atau disebut balai. Rumah Adat Riau selanjutnya adalah Rumah Melayu Lipat Kajang yang berasal dari Kepulauan Riau. Tapi kini sudah banyak rumah Selaso yang menggunakan penopang beton.

Rumah kuno ini mulai jarang ditemukan mungkin hanya ada di desa-desa di Riau. Selaso Jatuh Kembar sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau sebagai rumah adat resmi. Dulu bangunan ini sangat ramai karena kerap digunakan oleh warga untuk melaksanakan acara-acara adat lokal seperti musyawarah pen.

METIF Media Edukatif-Rumah Selaso Jatuh Kembar adalah rumah adat dari Provinsi Riau yang didesain dengan bentuk panggung model persegi panjang model panggung ini hampir sama dengan kebanyakan jenis rumah adat di daerah-daerah lain Selaso Jatuh Kembar jika di lihat dari depan tampak simetris antara bagian kiri dan kanan cenderung kembar atau sama dan terdapat satu buah selasar yang berada. Rumah adat ini adalah rumah adat yang telah ditetapkan oleh Gubernur Riau Imam Munandar sebagai rumah adat resmi Provinsi Riau. Beberapa macam nama yang dimiliki oleh rumah ini antara lain Balairung Sari Balai Kerapatan Balai Pengobatan dan lainnya.

Terdiri dari beberapa tiang dengan bentuk bangunan persegi panjang. Balai Selaso Jatuh Kembar memiliki makna dua selasar selasoselaso dimana lantainya lebih rendah dari ruangan tengah. Awalnya pengklasifikasian tersebut menghasilkan empat jenis rumah adat Riau dengan rumah adat selaso jatuh kembar sebagai rumah adat resmi provinsi riau dan umumnya disematkan kata rumah melayu karena masyarakat Riau yang didominasi oleh suku melayu.

Rumah Salaso Jatuh Kembar hampir selalu ada di setiap desa sejak zaman dahulu.

34 Nama Pakaian Adat Tarian Adat Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia Dtechnoindo Rumah Indonesia Desain

Pekan Baru Riau Tarian Gambar Pakaian Tari

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Riau Indonesia Arsitektur Vernakular Arsitektur Home Fashion

Province Lampung Traditional House Nuwo Sesat House Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Image Result For Rumah Adat Indonesia Dan Keterangannya Indonesia

Rumah Adat Riau Rumah Selaso Jatuh Kembar Arsitektur Rumah Home Fashion

Balai Salaso Jatuh Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Riau Rumah Indonesia Kepulauan

Balai Adat Penyegat Kepulauan Riau Sumatera Indonesia Minangkabau Kepulauan

Rumah Adat Melayu Selaso Jatuh Kembar Merupakan Rumah Adat Yang Berasa Dari Provinsi Kepulauan Riau Ciri Khas Rumah Adat I Kepulauan Kembar Arsitektur Rumah

In Aceh Where Aceh Clicks Arsitektur Vernakular Arsitektur Gambar

Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar Kepulauan Riau Rumah Indonesia Kepulauan

21 Gambar Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam Gambar Desain Renovasi

Traditional Architecture Of Indonesia The Fact Of Indonesia Traditional Architecture Indonesian House Traditional House

Pin By Lisdarmi Muis On Horn Rooof Architecture Hotel Design Architecture Traditional Building

21 Gambar Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam Gambar Desain Renovasi

Dina Y Wulandari Rumah Adat Dayak Kalimantan Arsitektur Rumah Gaya Arsitektur

Paling Keren 21 Gambar Rumah Nuwo Sesat Rumah Adat Tradisional Animation Rumah Adat Lampung Youtube Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Beser Gambar Rumah Pesisir

Pin Di Daily

Rumah Adat Nusantara Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah