Rumah Adat Rakit Limas

Kumpulan Gambar Rumah Adat Kebudayaan di Indonesia Beserta Penjelasannya.

Tuesday, December 8, 2020

Rumah Adat Rakit Limas

Untuk bentuknya rumah adat Limas berbentuk panggung dengan atapnya yang berbentuk segi lima. Rakit Limas dan Gudang.

Rumah Adat Maluku Rumah Arsitektur Indonesia

Rumah Melayu Awal berupa rumah panggung dengan bahan utama kayu rotan bambu daun-daun akar pohon dan atau juga alang-alangRumah Panggung dari Melayu Awal ini memiliki atap yang tinggi dan sedikit miring.

Rumah adat rakit limas. Jika dilihat sekilas bentuk rumah rakit limas hampir sama dengan rumah limas. Ada tiga jenis dari rumah adat Bangka Belitung yakni Rumah Rakit Rumah Limas serta Rumah Panggung. Rumah rakit limas ialah rumah adat yang berasar dari Sumatra Utara sekilas jika kita perhatikan rumah adat rakit limas hampir sama dengan rumah adat limas.

Kata limas sendiri berasal dari kata lima dan emas dimana rumah limas ini memiliki bentuk rumah panggung dengan bentuk atap segi lima. Namun tentu masih memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya begitu khas. Pemilihan arah hadap rumah adat limas ini berdasarkan filosofi yang berkembang di kalangan masyarakat.

Sesuai namanya rumah rakit merupakan rumah yang dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa tersebut dibangun di pinggiran sungai Musi. Undakan ini disebut dengan Kekijing. Fungsi dari ruang ruangan itu juga hampir sama seperti buah limas.

Rumah limas umumnya dibuat menghadap ke arah timur dan barat. Yaitu berada di hilir Sungai Batanghari Sembilan. Lantai rumah dibuat Berundak.

Karena masih sama-sama daerah melayu serta masih berada di bumi Sumatra. Ketiganya memiliki sentuhan adat melayu pada arsitekturnya. Fungsi dari ruang ruangan tersebut juga hampir sama seperti buah limas.

Rumah adat Sumatera Selatan yang pertama adalah rumah limas. Rumah adat Bangka Belitung yang kedua adalah Rumah Rakit atau kadang dikenal dengan rumah Rakit Limas. 352021 Saat berbicara tentang Sumatera Selatan kamu pasti akan langsung teringat dengan Sungai Musi.

Arah timur berarti Matoari Edop di mana matahari muncul dan melambangkan awal mula kehidupan manusia. 10212015 Rumah adat Bangka Belitung mewarisi gaya arsitektur Melayu Awal Melayu Bubungan Limas dan juga rumah Melayu Bubung Panjang. 622020 Rumah khas Bangka Belitung disebut dengan Rumah Rakit Limas.

1082019 Rumah rakit limas adalah jenis rumah adat yang asalnya dari Sumatera Utara. Untuk jenis rumah ada Bangka Belitung yang populer dan banyak dikenal berikutnya adalah rumah Rakit. Saat ini rumah Rakit banyak dibangun di pinggir sungai Musi yang mana ditempati oleh orang keturunan Tionghoa.

Rumah Rakit adalah rumah adat yang berasal dari Provinsi Sumatera SelatanRumah rakit merupakan salah satu rumah tertua di Provinsi Sumatera Selatan diperkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan SriwijayaRumah rakit dibangun di atas rakit dan mengapung di sepanjang pinggiran Sungai Musi Sungai Ogan dan Sungai KomeringSupaya tidak hanyut terbawa arus rumah. Provinsi Bangka Belitung - Rumah Adat Rakit dan Limas. Dan masih sama-sama berada di daerah Melayu di Bumi Sumatera.

10162020 Mengenai rumah adatnya Bangka Belitung mempunyai 3 rumah adat yaitu rumah rakit rumah limas dan rumah panggung. Ada juga yang langsung terbayang-bayang dengan kelezatan pempek khas Palembangnya. Lantai rumah adat ini dibuat berundak yang disebut dengan kekijing dan masing masing rumah limas umumnya memiliki antara dua tiga atau empat kekijing.

Sama seperti dengan keberadaan rumah limas. Rumah Rakit ini juga bisa di temui tidak hanya di propinsi Sumatera Timur saja namun juga bisa di temukan di sekita Sumatera Selatan yang berada di kawasan pinggiran dan laut. Karena arsitektur dan aksennya sama.

Dan dapat kita lihat juga yang membedakan antara lain. Disebut sebagai rumah rakit karena bentuk dan rupanya memang seperti rakit yang lengkap. Ketiga rumah adat tersebut boleh jadi memang mempunyai kemiripan dengan rumah adat Sumatera Selatan.

Sedangkan Etnis Iliran yang terdiri dari orang Melayu-Palembang mempunyai tiga jenis rumah adat. Rumah ini terapung di atas rakit rakit. Rumah adat rakit limas 0632.

Karena rumah ini mempunyai arsitektur dan aksen yang sama. Dan asal kata Limas dari kata Lima dan Emas. Rumah adat Rakit Limas ini biasanya digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung sebagai tempat musyawarah dan tempat tinggal.

Sama seperti rumah limas rumah ini juga memiliki tiga ruangan yaitu ruang depan ruang tengah dan ruang belakang. Dibangun diatas sungai. Sama seperti rumah limas rumah ini juga mempunyai 3 ruangan yaitu ruang depan ruang tengah serta ruang belakang.

12192020 Rumah adat dari Bangka Belitung terkenal dengan nama Rumah Rakit Limas akan tetapi secara garis besar rumah adat asal Bangka Belitung terdiri dari tiga jenis rumah adat yaitu rumah adat Limas rumah Panggung dan rumah Rakit. Tapi untuk kamu yang punya hobi di bidang arsitektur jangan lewatkan keunikan rumah adat Sumatera Selatan. Asal usul rumah rakit konon rumah-rumah rakit yang dibangun di pinggir-pinggir Sungai Musi ini dulunya dihuni oleh warga keturunan Tionghoa.

Provinsi ini bahkan punya 7 jenis rumah adat dengan struktur. Limas merupakan salah satu rumah adat Palembang. Sebagai salah satu rumah adat dari etnis Iliran desain rumah inipun menyesuaikan dengan letak geografis dimana masyarakat etnis tersebut bertempat tinggal.

Sebuah rumah Limas biasanya terdiri atas 2 3 atau 4. Rumah tersebut terapung di atas rakit rakit tersusun dari balok-balok kayu serta potongan bambu. Tentunya terdapat beberapa perbedaan dari ketiga rumah adat ini dan persamaannya dari ketiga rumah adat tersebut.

Atau bisa dilihat pada perbedaan aksen rakitnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu Rumah Rakit Limas saat ini juga banyak dijadikan sebagai destinasi wisata khas Bangka Belitung. Rumah limas dibuat menghadap timur dan barat.

Gambar Dan Penjelasan Rumah Adat Jambi Rumah Tempat Gambar

Mengenal Rumah Adat Bangka Belitung Lebih Dekat Berikut Ini Ulasan Terkait Ruah Adat Bangka Belitung Mulai Dari Jenis J Gambar Arsitektur Belitung Arsitektur

Rhodomyrtus Tomentosa

Bukantrik Com Traditional Architecture Bengkulu Traditional Building

21 Gambar Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam Gambar Desain Rumah

Rumah Tradisional Penduduk Pekon Hujung Lampung Barat Arsitektur Indonesia Rumah

Gambar Rumah Adat Bangka Belitung Rakit Limas Rumah Indonesia Bbq

Alvian Rahardjo Nama Nama Rumat Adat Tradisional Di Indonesia Arsitektur Indonesia Minangkabau

Traditional Architecture Of Indonesia The Fact Of Indonesia Traditional Architecture Vernacular Architecture Architecture

60 Gambar Buah Buahan Segar Lengkap Buah Buah Segar Bunga Cantik

I Was Born Here Sukabumi By Perucha Traditional House Traditional Architecture Culture Of Indonesia

Traditional Architecture Of Indonesia The Fact Of Indonesia Traditional Architecture Vernacular Architecture Architecture

Contoh Gambar Hewan Anak Tk Mewarnai Pemandangan8 15 Cara Mudah Menggambar Hewan Ini Bikin Gemar Melukis 9 Contoh Maze Untuk Anak P Gambar Gambar Hewan Hewan

Gambarv Dan Nama Rumah Adat Dari 33 Provinsi Di Indonesia Rumah Indonesia

Rumah Adat Kerinci Arsitektur Rumah Indonesia

Buah Kemunting Fruchte

Rumah Adat Nusantara Blog Sauted Arsitektur Rumah Bangunan

34 Nama Pakaian Adat Tarian Adat Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia Dtechnoindo Tarian Indonesia Menggambar Pakaian

Limas House From Palembang Rumah Rumah Kecil Indonesia